Badan Perlindungan Konsumen Nasional

Forum Motivasi Pembentukan LPKSM Kota Semarang

Forum Motivasi Pembentukan LPKSM Kota Semarang

 

 

 

BPKN menyelenggarakan kegiatan Forum Motivasi Pembentukan LPKSM bertempat di Ruang Bintang Kejora Hotel Muria  Kota Semarang

Hadir mewakili Sekda Jateng, Bapak Muhammad Arieg Sambodo SE Kepala Dinas Perindag Provinsi Jawa Tengah  yang memberikan pemaparan  tentang Dukungan Pemda Jateng Terhadap Penyelenggaraam Perlindungan Konsumen baik dalam hal kebijakan maupun pendanaan.

 

 

 

Forum Motivasi Pembentukan LPKSM Kota Semarang

 

Pada acara Forum Pembentukan LPKSM ini hadir sebagai Pembicara  Bapak Sukoyo SH,M.Si, Direktur Produk Hukum Daerah Kementerian Dalam Negeri dengan pemaparan Kebijakan Penyelenggaraan Perlindungan Konsumen Pada UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dan Langkah Langkah dalam menghadapi Tantangan Kedepan.

 

Sesi selanjutnya pemaparan dari salah satu LPKSM di Semarang H.Ngargono , S.Sos, Ketua LPKSM Semarang yang memaparkan Pencapaian dan Tantangan Penyelenggaraan Perlindungan Konsumen Pasca UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

 

Forum Motivasi Pembentukan LPKSM Kota Semarang

 

Kegiatan Forum Pembentukan LPKSM ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman semua unsur lapisan masyarakat tidak hanya bagi konsumen akhir.

Peran aktif Pemerintah Daerah diharapkan dapat melahirkan Peraturan Daerah yang berorientasi pada Pemberdayaan Perlindungan Konsumen dan meningkatkan literasi pemahaman masyarakat dari sisi Kebijakan maupun Penyelenggaraan  perlindungan  konsumen.

Harapan BPKN kedepan kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan LPKSM yang tadinya belum banyak sehingga terbentuk LPKSM baru, serta mengembangkan LPKSM yang ada menjadi LPKSM yang lebih potensial dalam menghadapi tantangan penyelenggaraan perlindungan konsumen.

 

Forum Motivasi Pembentukan LPKSM Kota Semarang

 

Kegiatan Forum Pembentukan LPKSM ini dihadiri kurang lebih 150 peserta dari unsur Pemerintah Kabupaten/Kota, BPSK(Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen), Mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Semarang serta LPKSM(Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat) serta Organisasi Masyarakat yang berada di Provinsi Jawa Tengah.