Badan Perlindungan Konsumen Nasional
  • Home
  • Berita Foto
  • Kuliah Umum di Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora UMMI

Kuliah Umum di Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora UMMI

Kuliah Umum di  Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora UMMI

Badan Perlindungan Konsumen Nasional  (BPKN) dan  Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halalan Thoyyiban Pimpinan Pusat Muhammadiyah  (LPH-KHT) menyelenggarakan Kuliah Umum tentang Pengkajian Halal dan Perlindungan Konsumen bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora UMMI dalam Masa Ta’aruf dan Keakraban di kampus UMMI, Jl.Syamsudin S.H No. 50, kamis (20/09/18).

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora, Dr. Ike Rachmawati, M.Si., menyampaikan terima kasih kepada BPKN dan LPH-KHT atas diselenggarakannya acara ini dan berharap semua mahasiswa dapat memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya

Kuliah Umum di  Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora UMMI

Hadir sebagai narasumber dalam kuliah umum ini adalah Dr. Ir, Arief Safari, M.B.A., (Koordinator Komisi Komunikasi & Edukasi BPKN) yang menyampaikan materi tentang Tinjauan Hukum Mengenai Perlindungan Konsumen dan Ir. Wuri Handono, M.Sc (Anggota Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halalan Thoyyiban Pimpinan Pusat Muhammadiyah ) yang menyampaikan materi tentang Fungsi, Tugas, dan Wewenang Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halalan Thoyyiban Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Arief Safari menyambut baik para mahasiswa/I baru Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora  yang terdiri dari 283 mahasiswa baru serta dihadiri jajaran dosen FIAH , para mahasiswa terlihat sangat antusias untuk mengetahui jauh lebih dalam terkait perlindungan Konsumen. Kegiatan sosialisasi dalam bentuk kuliah umum ini

Kuliah Umum di  Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora UMMI

Dalam acara yang dimoderatori oleh Rektor UMMI, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd. dalam pengarahannya menyampaikan terima kasih kepada BPKN atas diselenggarakanya Kuliah Umum dan berharap semua upaya sosialisasi yang disampaikan dapat menjadi bekal pembelajaran bagi mahasiswa terutama masalah perlindungan konsumen yang ada di Indonesia.

Kuliah Umum di  Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora UMMI

Sakti Alamsyah mengatakan bahwa hasil pemetaan Kementerian Perdagangan menunjukkan Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Indonesia tahun 2015 masih rendah, yaitu sebesar 34,17 dari nilai maksimal 100. Nilai IKK 34,17 ini menunjukkan bahwa konsumen di Indonesia baru berada pada level paham. Artinya, konsumen di Indonesia sudah mengenali dan memahami hak dan kewajibannya sebagai konsumen, tetapi belum sepenuhnya mampu menerapkan dan memperjuangkannya. Oleh karena itu, Rektor berharap agar mahasiswa dapat menjadi contoh konsumen yang cerdas, kritis, dan berperan aktif memperjuangkan hak-hak sebagai konsumen.