Badan Perlindungan Konsumen Nasional

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Terkait RUU Waspom

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Terkait RUU Waspom

Jakarta - Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional  (BPKN) Ardiansyah Parman di dampingi Deddy Saleh, Riza E Halim dan Huzna Zahir (Anggota BPKN) menghadiri Undangan rapat dengar pendapat dan rapat dengar pendapat umum terkait penyusunan RUU tentang Pengawasan Obat dan Makanan (RUU Waspom) 26/9/18.

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Terkait RUU Waspom

Panitia Kerja (Panja) Komisi IX DPR-RI menerima masukan dari para stakeholder terkait Rancangan UU Waspom dengan turut mengundang Ketua BPKN, Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN), Ketua Badan Pengawas Periklanan (BPP), Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Wakil Ketua Komisi XI DPR-RI Saleh P Daulay (F-PAN) mengungkapkan saat ini masih terjadi tumpang tindih antara Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan beberapa instansi terkait.

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Terkait RUU Waspom

Ardiansyah menyampaikan meskipun judul RUU ini adalah Pengawasan Obat dan makanan akan tetapi isi dari RUU tidak mengatur Bab secara khusus tentang pengawasan. Oleh karena itu perlu diatur mekanisme pengawasan dan parameter siapa saja yang yang berwenang untuk mengawasi.

Diharapkan RUU tentang Pengawasan Obat dan Makanan ini dapat memberikan perlindungan yang maksimal kepada seluruh konsumen yang ada di Indonesia