Badan Perlindungan Konsumen Nasional
  • Home
  • Berita Foto
  • Kunjungan Studi Gabungan Kelompok Belajar (GAPOKJAR) Mahasiswa Strata 1

Kunjungan Studi Gabungan Kelompok Belajar (GAPOKJAR) Mahasiswa Strata 1

Kunjungan Studi Gabungan Kelompok Belajar (GAPOKJAR) Mahasiswa Strata 1

Jakarta 28/09/18 -  Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menerima kunjungan studi dari Gabungan Kelompok Belajar (GAPOKJAR) mahasiswa strata 1 Universitas Terbuka dan Universitas Bungkarno.

Bambang Sumantri, MBA (Anggota Komisioner BPKN) dalam sambutanya menjelaskan kepada mahasiswa bahwa BPKN adalah lembaga yang dibentuk berdasarkan Undang-undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang memiliki fungsi memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah dalam upaya mengembangkan perlindungan konsumen di Indonesia.

Kunjungan Studi Gabungan Kelompok Belajar (GAPOKJAR) Mahasiswa Strata 1

Dr. Ir. Arief Safari, MBA (Koordinator Komisi Komunikasi dan Edukasi) menyampaikan Di tahun 2016, Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Indonesia berada di angka 30,86. Angka tersebut menunjukkan konsumen Indonesia masih berada di level paham. Artinya, konsumen Indonesia baru mengetahui hak dan kewajiban sebagai konsumen. Konsumen Indonesia belum mampu memanfaatkan hak dan kewajiban mereka, serta belum berperan aktif memperjuangkan hak mereka sebagai konsumen.

Perpres STRANAS-PK yang ditetapkan pada pertengahan tahun 2017 ini memperkuat komitmen Pemerintah untuk mewujudkan konsumen yang cerdas, iklim usaha yang kondusif, serta hubungan yang sehat antara pelaku usaha dan konsumen. Melalui Perpres STRANAS-PK, Upaya Perlindungan Konsumen diharapkan dapat lebih maksimal.

Kunjungan Studi Gabungan Kelompok Belajar (GAPOKJAR) Mahasiswa Strata 1

Andri, Ketua GAPOKJAR menyampaikan tujuan kunjungan studi diantarannya adalah untuk menambah wawasan serta mengetahui fungsi lembaga-lembaga tinggi Negara khususnya lembaga di bidang Perlindungan Konsumen.

Diharapkan para mahasiswa lebih perduli dan paham akan hak dan kewajiban sebagai konsumen, dan sebagai perwujudan TRIDHARMA perguruan tinggi kepada masyarakat diharapkan concern mahasiswa/i sebagai calon penerus bangsa dapat meningkatkan Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK).