Badan Perlindungan Konsumen Nasional
  • Home
  • Berita Foto
  • FGD DPR RI “ Problematika BPJS Kesehatan Dan Masa Depan SJSN”

FGD DPR RI “ Problematika BPJS Kesehatan Dan Masa Depan SJSN”

 FGD DPR RI “ Problematika BPJS Kesehatan Dan Masa Depan SJSN”

Jakarta – Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Ardiansyah Parman, menghadiri undangan DPR RI terkait Focus Group Discussion (FGD) yang membahas perihal persoalan defisit yang dihadapi BPJS Kesehatan. Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Fahri Hamzah mengatakan tujuan dari FGD ini juga adalah menemukan masalah yang mungkin akan dibawa dalam rapat konsultasi yang lebih luas. (8/10/2018).

 FGD DPR RI “ Problematika BPJS Kesehatan Dan Masa Depan SJSN”

Defisit keuangan menjadi permasalahan yang tak kunjung usai yang dihadapi BPJS Kesehatan. Ledakan peserta yang dulunya 16 juta peserta menjadi 199 juta peserta, menjadikan lonjakan tagihan yang sangat tinggi. Hal itu yang ditengarai mengakibatkan BPJS Kesehatan mengalami defisit BPKN memberikan masukan agar permasalahan defisit keuangan BPJS dapat segera di cover melalui APBN sehingga pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dokter dan para medis dan sebagainya dapat berjalan dengan baik.

 FGD DPR RI “ Problematika BPJS Kesehatan Dan Masa Depan SJSN”

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu menambahkan, untuk solusi jangka panjangnya, pemerintah bisa mencari skenario yang bisa dibuat, misalnya skenario investasi, skenario pengelolaan aset dan sebagainya. Tetapi jangan mengurangi hak-hak dan jata-jatah masyarakat di dalam pelayanan kesehatan.

Ardiansyah menambahkan “Kepada pemerintah sebagai regulator hendaknya melakukan pengawasan dengan melakukan monitor atas penyelenggaraan BPJS Kesehatan agar semakin lama terdapat peningkatan kualitas layanan kesehatan terhadap masyarakat”