• Home
  • Berita Foto
  • Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional 2019: Negara Hadir Konsumen Berdaya

Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional 2019: Negara Hadir Konsumen Berdaya

Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional 2019: Negara Hadir Konsumen Berdaya

HARKONAS yang jatuh tanggal 20 April telah dilaksanakan hari ini tanggal 20 Maret, yang mana diselenggarakan lebih cepat sebagai momentum mendekatkan dengan hari konsumen dunia yang jatuh tanggal 15 Maret 2019. Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “ Edukasi sebaiknya ditingkatkan khususnya dilevel generasi milenial, 80 % perubahan perilaku belanja online dari sisi konsumen mengakibatkan banyaknya konsumen yang dirugikan, disamping aturan yang saat ini masih rawan, itu menuntut kebijakan serta aturan juga perlu diperbaiki oleh pemerintah.

Sebagai upaya bahwa negara hadir, BPKN telah melakukan kajian sebagai langkah  antisipasi melihat perkembangan permasalahan yang akan dihadapi pada era ekonomi digital. 

Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional 2019: Negara Hadir Konsumen Berdaya

Upaya BPKN melihat perubahan pola transaksi sebagai bentuk perlindungan kepada konsumen serta melihat ketahanan Perlindungan Konsumen (PK) di Indonesia tidak lagi memadai untuk menghadapi tantangan PK pada saat ini dan masa depan, situasinya sebenarnya sangat rawan dengan mencermati beberapa indikator, diantaranya  kejelasan akses pemulihan bagi transaksi e-commerce, system lembaga pemulihan." BPKN memperkirakan insiden PK terkait e-commerce akan meningkat pesat ditahun mendatang seiring demgan semakin inklusifnya kehidupan social ekonomi masyarakat dengan jasa finansial teknologi. Tanpa pengaturan segera oleh pemerintah atas keberadaan kepastian hukum dan jalur pemulihan bagi konsumen, insiden-insiden tersebut berpotensi berkembang tidak terkendalli. Hal ini akan diperkuat oleh semakin tingginya lalu-lintas e-commerce lintas batas (cross boarder).

Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional 2019: Negara Hadir Konsumen Berdaya

Salah satu rangkaian acara dari HARKONAS yang terselenggara atas kerjasama antara Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dengan Kementerian Perdagangan dan Pemprov Jabar adalah melakukan edukasi serentak dalam bentuk Kuliah Umum dengan mengangkat tema Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya yang bertujuan menumbuhkembangkan serta meningkatkan kesadaran mahasiswa/i tentang hak dan kewajiban konsumen sebaga upaya meningkatkan keberdayaan konsumen." Telah dilakukan edukasi dalam bentuk kuliah secara serentak pada tanggal 12 maret 2019, yang telah bekerjasama dengan lembaga layanan pendidikan tinggi  (lldikti) wilayah iv jawabarat dan banten , yang selenggarakan di  11 perguruan tinggi dikota bandung dan dihadiri oleh 1677 peserta serta telah disertifikasi oleh muri sebagai "Edukasi perlindungan konsumen secara serentak kepada mahasiswa terbanyak."

Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional 2019: Negara Hadir Konsumen Berdaya

Upaya pemberdayaan konsumen merupakan perjalanan yang panjang dan melibatkan pemangku kepentingan yang luas. Dibutuhkan energi untuk menjaga momentum para pemangku kepentingan agar selalu memiliki komitmen yang tinggi dalam melindungi konsumen. Peringatan Hari Konsumen Nasional setiap tanggal 20 April diharapkan agar semua pemangku kepentingan selalu ingat dan berkomitmen dalam melindungi dan memberdayakan konsumen.

Kehadiran negara dalam memberikan perlindungan kepada konsumen diatur dalam peraturan Perundang-undangan. Untuk itu lahir UU PK No 8 pada tahun 1999. Dalam UUPK yang diingatkan dalam peringatan Harkonas adalah:

- Konsumen, diingatkan untuk membangun kesadaran konsumen atas hak-haknya

- Pemerintah dan Pemerintah Daerah atas penyelenggaraan PK, bahwa mereka adalah penanggungjawab penyelenggaraan PK

- Pelaku Usaha, Pelaku Usaha harus jujur, bertanggung jawab sebagaimana diatur dlm UUPK pasal 7 tentang kewajiban Pelaku Usaha ,

- Lembaga PK lainnya seperti BPKN, diingatkan apa saja tugas dan tanggungjawabnya dalam rangka PK, demikian juga masyarakat yang terhimpun dalam LPKSM.