h

Pengaduan Konsumen

Data Pelapor

( Contoh 1 | Contoh 2 )
Mawar Melati

John Doe

( Contoh )
3578100110800001

( Contoh )
Jakarta 01 Januari 1990

( Contoh 1 | Contoh 2 )
Wiraswasta

Pegawai Swasta

( Contoh )
emailsaya123@gmail.com

( Contoh )
0811010101010

( Contoh )
Jl. M. Ridwan Rais No. 05 Blok 7, RT RW 05 Jakarta Pusat DKI Jakarta 101110

( Contoh )
Saya dalam keadaan sehat serta bersedia memberikan keterangan sesuai dengan pengetahuan saya


Pihak yang bertanggungjawab menurut Saudara

( Contoh )
PT. Asuransi Z

( Contoh )
Jl. Delima No. 7, Kavling No. 17, Tambun, Bekasi


Permasalahan / Kronologi / Janji Perusahaan

( Contoh 1 | Contoh 2 | Contoh 3 )
Pengaduan Perumahan PT. Developer ZYX

Pengaduan Asuransi PT. Asuransi XYZ

Pengaduan Umroh PT. Travel ZXY

( Contoh 1 | Contoh 2 | Contoh 3 )

Contoh Pengaduan Perumahan
1. Tanggal 10 Desember 2013, Saya membeli 1 (Satu) unit rumah di perumahan AB melalui developer PT. X seharga Rp. 450.000.000,- (Empat Ratus Lima Puluh Juta Rupiah)
2. Metode pembayaran cas bertahap selama 1 (satu) tahun melalui developer.
3. Dalam PPJB disebutkan bahwa serah terima akan dilakukan 2 (dua) bulan setelah pembayaran lunas.
4. Pada bulan Maret 2015 saya menandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST), namun sertifikat belum saya terima dengan alasan sertifikat masih sertifikat induk dan baru akan dipecah.
5. Sekitar bulan Oktober 2015, beberapa orang dari PT. Bank Y mendatangi perumahan AB dengan tujuan akan mengeksekusi rumah warga baik yang membeli cash maupun kredit kepemilikan rumah (KPR) dengan alasan kredit macet.
6. Belakangan diketahui sertifikat rumah warga dijadikan jaminan kredit oleh developer PT. X kepada Bank Y.

Contoh Pengaduan Umroh
1. Tanggal 25 Februari 2017, saya mendapatkan penawaran paket travel Umroh+Turki selama 12 hari dari ibu AJ selaku rekanan travel X yang berlokasi di Jakarta Selatan
2. Harga paket yang ditawarkan senilai Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah) untuk 2 (dua) orang.
3. Pembayaran bisa dilakukan dengan cara mencicil ke rekening atas naman Bunga selaku pemilik travel X.
4. Pelunasan pembayaran saya lakukan di bulan Oktober 2017.
5. Jadwal keberangkatan yang dijanjikan adalah tanggal 15 Desember 2017.
6. Sampai saat ini, tidak ada kejelasan perjalanan yang akan dilakukan dan kapan uang saya akan dikembalikan (refund) oleh travel X.

Contoh Pengaduan Asuransi
1. Saya ditawari oleh seorang agent asuransi untuk mengikuti asuransi kesehatan di PT. Asuransi Z.
2. Tanggal 20 April 2010 saya membuat polis pertama nomor 0123456789. Nilai pertanggungan polis adalah Rp. 400.000.000,- (Empat Ratus Juta Rupiah).
3. Tanggal 20 Juni 2015 saya membuat polis kedua nomor 9876543210. Nilai pertanggungan polis adalah Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah).
4. Tanggal 15 - 20 Mei 2016 saya di rawat inap di RS. P Jakarta karena mengalami sakit jantung.
5. Tanggal 25 Mei 2016 saya mengajukan klaim asuransi pada kedua polis saya namun ditolak oleh Asuransi Z dengan alasan tidak sesuai dengan pengertian penyakit jantung yang tercantum dalam isi polis.
6. Setelah melakukan 3 (tiga) kali pertemuan dengan Asuransi Z, tanggal 21 Juni 2018 saya mendapatkan email dari Asuransi Z yang menyatakan bahwa dana klaim senilai Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) sudah ditransfer ke rekening B atas nama suami saya.
7. Informasi dari Asuransi Z, dibayarnya dana klaim senilai Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) atas dasar ex. Gratia


Kerugian

( Contoh )
Biaya paket perjalanan untuk 2 (dua) orang senilai Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah)

( Contoh )
Paspor saya masih ditahan oleh Ibu AJ selaku rekanan Travel X


Lampiran Bukti

( Petunjuk )
Kartu Identitas

( Petunjuk )
Bukti Percakapan, Bukti Transfer biaya paket perjalanan, bukti kwitansi pelunasan, foto surat pernyataan pengembalian uang dan paspor atau bukti pendukung lain nya

( Petunjuk )
Tambahan Bukti Percakapan, Bukti Transfer biaya paket perjalanan, bukti kwitansi pelunasan, foto surat pernyataan pengembalian uang dan paspor atau bukti pendukung lain nya

( Petunjuk )
Tambahan Bukti Percakapan, Bukti Transfer biaya paket perjalanan, bukti kwitansi pelunasan, foto surat pernyataan pengembalian uang dan paspor atau bukti pendukung lain nya


Disclaimer

PERHATIAN

Dengan mengirim pengaduan ini, Anda setuju bahwa :
Seluruh informasi dan dokumen yang disampaikan adalah sesuai dengan yang sebenarnya. Bila dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian, maka BPKN berhak membatalkan pengaduan ini.