• Home
  • Berita Foto
  • KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN ERA EKONOMI DIGITAL DI UNIVERSITAS UDAYANA BALI

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN ERA EKONOMI DIGITAL DI UNIVERSITAS UDAYANA BALI

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN ERA EKONOMI DIGITAL DI UNIVERSITAS UDAYANA BALI

Bali - BPKN mengadakan acara Kuliah Umum di Universitas Udayana, Selasa (29/10/2019). Bertempat di Gedung JA. Kegiatan tersebut  diikuti oleh beberapa mahasiswa dari Fakultas Teknologi Pertanian yang terdiri dari program studi ilmu teknologi pangan, teknik pertanian, dan teknologi industri pertanian.

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN ERA EKONOMI DIGITAL DI UNIVERSITAS UDAYANA BALI

Prof Ir. I nyoman Semadi Antara selaku Wakil Dekan 1 Universitas Udayana membuka secara langsung kegiatan acara kuliah umum tersebut, "Civitas Universitas Udayana memberikan apresiasi atas kesempatan yang diberikan oleh BPKN RI atas  acara kuliah umum edukasi perlindungan konsumen  yang nantinya akan memberikan dampak feedback dimana mahasiswa bisa memberi gagasan untuk BPKN, dan BPKN memberikan ilmu terkait hak dan kewajiban konsumen", pungkas I Nyoman.

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN ERA EKONOMI DIGITAL DI UNIVERSITAS UDAYANA BALI

BPKN RI menghadirkan dua narasumber, yakni Arief Safari dan Edib Muslim  selaku Komisioner Komunikasi dan Edukasi.
.
Dalam paparannya, Arief Safari menyatakan, "Kasus - kasus perlindungan konsumen yang terjadi saat ini, misalnya salah satu contoh konsumen yang mengalami kondisi sakit kritis, dari pihak rumah sakit wajib menangani langsung pasien tanpa menanyakan apapun hal - hal terkait administrasi dan lain - lain, hal ini perlu pengawasan Pemerintah, agar hak konsumen teratasi dengan baik"
.
Lanjut Arief mengatakan hal lain, "transaksi dapat terjadi apabila antara konsumen dan pelaku usaha saling percaya, ketika trus sudah dibangun, hal ini dapat menumbuhkan ekonomi pendapatan negara dan juga Kementerian/lembaga menjadi penanggung jawab terhadap perlindungan konsumen yang mengatur regulasi dalam setiap sektor permasalahan perlindungan konsumen"

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN ERA EKONOMI DIGITAL DI UNIVERSITAS UDAYANA BALI

Pada kesempatan lain Edib Muslim  mengatakan tentang era ekonomi digital,"Perlindungan konsumen di masa sekarang  dikenal dengan sebutan second generation yang berbasis digital. Data konsumen menjadi kunci yang mesti dijaga, baik oleh pelaku usaha, pemerintah ataupun stakeholder lainnya.

.

Data konsumen di masa sekarang ketika mereka bertransaksi lewat platform daring juga rentan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan"
.

Sebagai penutup, Edib mengatakan "semua lembaga dan badan perlindungan konsumen bisa bersinergi bersama BPKN, sehingga bisa menjadi pegangan dalam penentuan kebijakan".