• Home
  • Berita Foto
  • ADVOKASI PERLIDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA

ADVOKASI PERLIDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA

ADVOKASI PERLIDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA

Yogyakarta - (07/11/2019) BPKN mengadakan Kegiatan Advokasi Perlindungan Konsumen di Universitas Islam Indonesia Yokyakarta, acara ini dilaksanakan di Ruang Sekretariat Pasca Sarjana Fakultas Hukum, acara ini dihadiri kurang lebih 100 Mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.

.

Dr. Abdul Jamil,SH., M.Hum, selaki Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia membuka secara langsung kegiatan ini.

ADVOKASI PERLIDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA

Dalam Sambutannya Dr. Abdul Jamil,SH., M.Hum, Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia menyambut baik kegiatan yang di selenggarakan oleh BPKN, beliau berpesan kepada mahasiswa yang hadir agar dapat berperan aktif dan turut serta mengambil pembelajaran dari materi yang dipaparkan oleh narasumber tentang perlindungan konsumen.

ADVOKASI PERLIDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA

Vivien Goh, Komisioner Komisi Advokasi juga menyampaikan sambutannya bahwa kegiatan Advokasi Perlindungan Konsumen ini telah beberapa kali dilaksanakan oleh BPKN, Baik yang dilaksanakan di Pemerintah daerah/Kota/Kabupaten maupun Universitas. Sasaran yang kami harapakan dengan terlaksananya kegiatan di Kampus Universitas Islam Indonesia ini dapat mencetak mahasiswa/i yang kompeten didalam bidang Hukum Perlindungan Konsumen. Dan ini merupakan salah satu strategi BPKN menjemput Bola kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman perlindungan konsumen di dunia pendidikan tinggi.
.
dan pada hari ini BPKN RI menghadirkan narasumber yang berkompeten yaitu Bambang Sumantri selaku Komisioner Komunikasi dan Edukasi yang di moderatori oleh Bapak Dr. M. Syamsudin,SH.,M. Hum, Dosen dr FH UII dan sekretaris  pengurus yayasan UII bid. Wakaf.
.

ADVOKASI PERLIDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA

Dalam paparannya, Bambang Sumantri menjelaskan sekilas tentang Undang - Undang Perlindungan Konsumen No.8 Tahun 1999 dan sekilas mengenai lembaga BPKN dan juga selanjutnya Bapak Bambang Sumantri juga menjelaskan Kasus - kasus perlindungan konsumen yang terjadi saat ini, misalnya salah satu contoh konsumen yang mengalami kondisi sakit kritis, dari pihak rumah sakit wajib menangani langsung pasien tanpa menanyakan apapun hal - hal terkait administrasi dan lain - lain, hal ini perlu pengawasan Pemerintah, agar hak konsumen teratasi dengan baik".

.
Bambang Sumantri menambahkan, "Mahasiswa harus melek mata terhadap kasus - kasus pelanggaran perlindungan konsumen sehingga nantinya konsumen tahu akan hak dan kewajiban konsumen untuk mendapatkan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan dalam mengkonsumsi barang/jasa serta bersama-sama menyebarkan ilmu tentang hak-hak yang wajib didapatkan oleh konsumen.
.
Sebagai penutup, Bambang Sumantri mengatakan "Konsumen itu sebanyak Rakyat Indonesia, di Era ekonomi digital ini mahasiswa sebagai kelompok milenial harus menjadi corong untuk mengedukasi konsumen lainnya".