h
  • Home
  • Berita Foto
  • KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PRASETIYA MULYA

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PRASETIYA MULYA

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PRASETIYA MULYA

Jakarta (19/12/2019) - BPKN mengadakan acara Kuliah Umum di Universitas Prasetiya Mulya bertempat di Ruang 2121 Lantai 12 – Gedung PMBS, Universitas Prasetiya Mulya dan Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi Universitas Prasetiya Mulya.

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PRASETIYA MULYA

Dalam paparannya, Dr. Anna Maria Tri Anggraini., SH., MH menjelaskan kuliah umum yang mengangkat tema era ekonomi digital "Mahasiswa harus melek terhadap kasus - kasus perlindungan konsumen seperti salah satunya hati - hati terhadap aplikasi pinjaman online yang harus memperhatikan term and conditions. Data konsumen menjadi kunci yang perlu dijaga, baik oleh konsumen, pelaku usaha, pemerintah ataupun stakeholder lainnya, jangan sampai disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan".


Lanjut Anna Maria mengatakan hal lain, "transaksi dapat terjadi apabila antara konsumen dan pelaku usaha saling percaya, ketika trust/kepercayaan sudah dibangun, hal ini dapat menumbuhkan ekonomi pendapatan negara dan juga Kementerian/lembaga menjadi penanggung jawab terhadap perlindungan konsumen yang mengatur regulasi dalam setiap sektor permasalahan perlindungan konsumen".

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PRASETIYA MULYA

Di Era digital, masyarakat harus melek mata terhadap kasus - kasus pelanggaran perlindungan konsumen saat ini sehingga nantinya punya kendali atas aliran data dan informasi yang serba digital sehingga nantinya konsumen tahu akan hak dan kewajiban konsumen untuk mendapatkan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan dalam mengkonsumsi barang/jasa serta bersama-sama menyebarkan ilmu tentang hak-hak yang wajib didapatkan oleh konsumen ".

KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PRASETIYA MULYA

Sebagai penutup, "Marilah mahasiswa melakukan penelitian - penelitian kecil tentang kajian media bagi mahasiswa yang melihat apakah masalah - masalah perlindungan konsumen ada di dalamnya dan membentuk Lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat mahasiswa," pungkas Anna.