AUDIENSI BPKN DENGAN KEMENTERIAN AGAMA

AUDIENSI BPKN DENGAN KEMENTERIAN AGAMA

Jakarta, 12 Februari 2020, Menteri Agama Fachrul Razi menerima kunjungan ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN)  Ardiansyah Parman, beserta para Komisioner BPKN yaitu Nurul Yakin, Arief Safari, Edib Muslim, Andi M.Rusdi dan  di Ruang Rapat Menteri, Lapangan Banteng,Jakarta Pusat.

AUDIENSI BPKN DENGAN KEMENTERIAN AGAMA

Pertemuan ini sebagai bentuk silaturahmi dan perkenalan komisoner BPKN yang diawali dengan penjelasan singkat sekilas tentang BPKN dan berbagai aktivitasnya.

Ardiansyah  Parman  menyampaikan dalam pertemuan ini kepada Menteri Agama,"ada dua hal penting yang menjadi perhatian BPKN  yaitu Pemerintah sewajarnya membantu memberikan kepastian hukum atas ganti rugi bagi korban atau calon jamaah first travel untuk memelihara kepercayaan bertransaksi dan sebagai bukti negara hadir dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) segera beroperasi dan meningkatkan kapasitas sertifikasinya melalui penamban Lembaga Pemeriksa Halal di luar LP POM MUI yg terakreditasi untukmenjalankan amanat UU JPH khususnya sertifikasi UKM dan juga menangkap peluang pasar halal global".

Sebelumnya juga BPKN di tahun 2016 dan 2018 telah mengeluarkan rekomendasi kepada Kementerian Agama terkait penyelenggaraan Ibadah Umroh dan di Tahun 2019 menjalin nota kesepahaman (MOU) dengan membentuk satgas umrah yang bekerja sama dengan kementerian/lembaga lainnya, serta perjanjian kerja sama dengan BPJPH.

AUDIENSI BPKN DENGAN KEMENTERIAN AGAMA

Hal lain disampaikan oleh Ardiansyah,"Kementerian Agama perlu segera melakukan pengaturan perjalanan ibadah agama lainnya sebagaimana ibadah Haji/Umroh guna melindungi para konsumen".

Melalui pertemuan ini diharapkan,"BPKN bersama Kementerian Agama bahu - membahu negara hadir dalam bentuk peraturan dan pengawasan untuk pemulihan konsumen yang menjadi tanggung jawab bersama atas insiden perlindungan konsumen di Indonesia,"pungkas Ardiansyah.