• Home
  • Berita Foto
  • Pengaduan Konsumen Perumahan Grand Imperial Sakinah, Cikoneng

Pengaduan Konsumen Perumahan Grand Imperial Sakinah, Cikoneng

Pengaduan Konsumen Perumahan Grand Imperial Sakinah, Cikoneng

Bandung, Sabtu (07/03/2020) BPKN menerima aduan dari ratusan warga Grand Imperial Sakinah yang beralamat di Jl. Raya Cikoneng RT 006/RW 008, Desa Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Kurang lebih 70 Kepala Keluarga menyampaikan keluh kesah mereka terkait dengan tidak mendapatkan kejelasan mengenai Sertifikat Hak Milik (SHM) yang seharusnya menjadi Hak Konsumen dan juga adanya dugaan pelanggarannya terkait jaminan sertifikat yang diagunkan ke bank lain oleh pengembang untuk mendapatkan pinjaman.

Pengaduan Konsumen Perumahan Grand Imperial Sakinah, Cikoneng

 

Pada Kesempatan ini Dr. Rolas B. Sitinjak, menyampaikan bahwa Kelalaian pengembang yang tidak melakukan pemecahan sertifikat induk dan pihak bank yang hanya memiliki covernote sebagai jaminan untuk pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang mengakibatkan konsumen belum memperoleh hak kepemilikan merupakan permasalahan yang klasik yang terjadi berulang-ulang.

Pengaduan Konsumen Perumahan Grand Imperial Sakinah, Cikoneng

 

Dr. Rolas Sitinjak menambahkan bahwa pengaduan masyarakat terkait perumahan itu karena lemahnya pengawasan terhadap aspek pengikatan jual beli antara konsumen, pengembang, dan Bank (Lembaga Pembiayaan).

 

Pengaduan Konsumen Perumahan Grand Imperial Sakinah, Cikoneng

 

Bagi perekonomian nasional, dampaknya sangat serius karena akan menurunkan kepercayaan masyarakat dalam melakukan transaksi perumahan dan properti umumnya. Lebih jauh, ketidakpastian hak konsumen atas perumahan ini dirugikan karena hak-hak mereka sebagian besar masyarakat Indonesia masih menjadikan rumah sebagai aset dan tumpukan kehidupan sosial ekonomi”, ujarnya.