h

Pedoman Konsumen Pembatalan Travel dan Event

Pedoman Konsumen Pembatalan Travel dan Event

 

1) APAKAH SAYA BERHAK MENDAPAT GANTI RUGI ?

a. Jika pihak travel atau acara yang melakukan pembatalan maka sudah sewajarnya anda mendapatkan penggantian uang atau hal lainnya, seperti nota kredit atau voucher yang dapat digunakan dikemudian hari.

b. Sehubungan dengan wabah COVID-19, pemerintah mengeluarkan peraturan, diantaranya berupa larangan bepergian ke wilayah tertentu. Hal ini akan mempengaruhi hak konsumen.

c. Mengenai kerugian yang akan timbul, maka konsumen dapat menghubungi pelaku usaha/penyedia jasa yang bersangkutan.

d. BPKN menekankan kepada semua pelaku usaha/penyedia jasa untuk memperlakukan konsumen secara adil dan proporsional pada keadaan yang luar biasa ini.

 

2) APAKAH SAYA BERHAK UNTUK MENDAPAT KOMPENSASI ATAS PENGELUARAN TERKAIT YANG DIPESAN

SECARA TERPISAH SEPERTI AKOMODASI ?

a. Konsumen agar menghubungi pelaku usaha/penyedia jasa yang bersangkutan mengenai ganti rugi terhadap kerugian yang dialami, apakah mereka telah menyiapkan penggantian dalam bentuk uang, penggantian layanan atau voucher.

b. Konsumen agar melakukan pengecekan apakah terlindungi dari aturan asuransi perjalanan travel.

 

3) SAYA INGIN MEMBATALKAN TRAVEL ATAU EVENT YANG SUDAH SAYA PESAN DIKARENAKAN

KEKHAWATIRAN TERHADAP KESEHATAN DAN KESELAMATAN SAYA SELAMA DARURAT COVID-19,

APA HAK SAYA DALAM KONDISI INI ?

a. Jika konsumen tidak lagi ingin melakukan perjalanan atau datang ke acara karena kekhawatiran akan COVID-19 mungkin akan dianggap sebagai “perubahan pikiran” saja.

b. Konsumen agar menghubungi pelaku usaha/penyedia jasa untuk mengetahui alternatif pemulihan haknya atas pemulihan seperti penggantian uang secara penuh atau sebagian, nota kredit atau voucher.

c. Dengan alasan beresiko tertular, sebaiknya konsumen menghubungi pelaku usaha/penyedia jasa untuk mengetahui apakah mereka akan memberikan pengembalian uang, atau voucher yang dapat digunakan untuk perjalanan lain waktu.

d. Melihat kondisi yang luar biasa ini BPKN menekankan terhadap semua pelaku usaha/penyedia jasa untuk memperlakukan konsumen secara adil dan proporsional.

Download Dokumen: Klik Disini