h
  • Home
  • Berita Foto
  • WEBINAR KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI LSPR

WEBINAR KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI LSPR

WEBINAR KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI LSPR

 

Jakarta, Selasa (19 Mei 2020) - Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menyelenggarakan Webinar Kuliah Umum dengan tema  "Perlindungan Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19” yang berjalan langsung selama 2 jam melalui media daring.

 

WEBINAR KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI LSPR

 

Hadir sebagai narasumber webinar tersebut yaitu Bambang Sumantri M.B.A dan Andi M. Rusdi, keduanya selaku Komisioner BPKN bid. Komunikasi dan Edukasi. Acara ini diikuti oleh +100 peserta yang terdiri dari dosen, sekretariat akademisi, mahasiswa, dan perwakilan sekretariat BPKN. 

 

WEBINAR KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI LSPR

 

Dalam paparan webinar ini yang diawali dengan penjelasan singkat sekilas tentang BPKN dan berbagai aktivitasnya., Bambang Sumantri menjelaskan,”perlindungan konsumen di masa pandemik covid-19 banyak isu – isu di berbagai sektor seperti pembatalan reservasi perjalanan, gym (tempat kebugaran), pembatalan pesta pernikahan, dll dimana konsumen sudah membayar penuh namun tidak bisa melakukan/menggunakan fasilitas, hak konsumen adalah mendapat pergantian uang karena pelarangan Pemerintah yang disebabkan Covid-19”

Lanjut Andi M. Rusdi menambahkan hal lain,” terkait perlindungan data pribadi (PDP) terkait dengan pasien covid-19, PDP diperlukan  untuk melindungi data dan alamat pasien positif corona, Riwayat, dsb, terkait konsumen e-commerce yang berbelanja online di masa PSBB, PDP diperlukan untuk melindungi data nomor telepon, nama, transaksi pembayaran,, alamat email,dsb, serta peserta Video Conference/ Webinar, PDP diperlukan untuk keamanan data – data diperangkat masing – masing peserta yang tidak dapat dibajak oleh oknum yang nakal. Hal ini menyangkut UUPK  Pasal 4  yaitu hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan, dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa”

 

WEBINAR KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI LSPR

 

“Harapan kegiatan webinar ini mengajak mahasiswa dan praktisi akademisi agar lebih berdaya dengan menuangkan ide dan pikiran terkait isu perlindungan konsumen dan perlu disadari teknologi informasi sangat cepat berubah konsumen perlu lebih selektif lagi dampak posiitif dan negatif pada pengaruh perubahan tersebut, “pungkas Bambang.