• Home
  • Berita Foto
  • FGD Perlindungan Konsumen Transportasi Udara di Era New Normal

FGD Perlindungan Konsumen Transportasi Udara di Era New Normal

FGD Perlindungan Konsumen Transportasi Udara di Era New Normal

 

Jakarta, 17 Juni 2020, BPKN mengadakan FGD dengan Tema Strategi Pemulihan Kehidupan Pada Tatanan Normal Baru di Sektor Jasa Transportasi Ditinjau dari Hukum Perlindungan Konsumen berlangsung selama 2 jam melalui media daring. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan dengan memasuki kebijakan New Normal yang mulai berlaku bulan Juni 2020, selain diperlukan persiapan matang, dan tentunya tidak sedikit memunculkan polemik di tengah masyarakat. Perhatian penuh terletak pada sektor transportasi sebab tidak hanya perlu adanya kejelasan aturan seperti jaga jarak (physical distancing) sekitar 1 - 2 meter, pengurangan kapasitas penumpang maksimal 50% dari total kursi, namun juga terkait ketersedian dan kelaikan jalan moda transportasi serta persyaratan penumpang yang akan menggunakan moda transportasi tersebut.

 

 

FGD Perlindungan Konsumen Transportasi Udara di Era New Normal

Dr. Rolas B Sitinjak selaku Wakil Ketua BPKN Membuka Webinar pagi ini melalui Virtual Focus Grup Discusion (FGD) beliau menyampaikan bahwa ada Beberapa pertimbangan terkait perlindungan konsumen yaitu adanya pengaduan yang masuk, isu yang dimonitor melalui media dan juga dari rekomendasi yang telah dikeluarkan BPKN, tentunya beberapa strategi  kesiapan agar konsumen bisa menggunakan transaksi jasa dengan aman dan nyaman serta Strategi Pemulihan Kehidupan Pada Tatanan Normal Baru di Sektor Jasa Transportasi Ditinjau dari Hukum Perlindungan Konsumen bertujuan mengetahui aturan tegas terkait transportasi era new normal yang dipatuhi semua pihak, adanya panduan yang jelas terkait penggunaan moda transportasi era new normal serta menyamakan persepsi new normal kepada seluruh stake holder.

FGD Perlindungan Konsumen Transportasi Udara di Era New Normal

Dr. Rizal E. Halim, Koordinator Komisi Advokasi BPKN menyampaikan dalam paparannyan terkait Pengaduan konsumen sektor Transportasi Saat Pandemi Covid-19 yang diterima BPKN antara lain penolakan refund sesuai cara pembayaran yang dilakukan oleh konsumen, pembatalan penerbangan sepihak, serta keterlambatan pengiriman paket barang. Amanah Undang-Undang Perlindungan Konsumen menyatakan konsumen dijamin  atas hak mendapatkan  informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa, dan pelaku usaha wajib memperlakukan atau melayani konsumen secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.

FGD Perlindungan Konsumen Transportasi Udara di Era New Normal

Diskusi yang dihadiri oleh beberapa stakeholder diantaranya dari kementerian perhubungan, INACA, MTI, dan juga Dinas Provinsi DKI Jakarta,  telah memberikan penjelasan terkait persiapan new normal yang mana tetap memperhatikan protokol kesehatan serta beberapa strategi penanganan yang mana diskusi menarik ini memberikan beberapa catatan BPKN yaitu salah satunya menjawab rekomendasi yang telah dikirim BPKN dengan No :05/BPKN/REKOM/06/2020, tanggal 5 Juni 2020, terkait refund tiket yang pembatalannya akibat situasi pandemi, hak dari konsumen yang mana penumpang akan mendapat kompensasi utuh baik melalui metode transfer/lcash, dengan catatan pembatalan tidak dilakukan oleh konsumen, Surat Ijin Keluar Masuk DKI (SIKM) terkait persyaratan kelengkapan agar lebih dipermudah dan bisa terjangkau oleh konsumen serta perlu untuk disosialisasi agar masyarakat bisa mendapat informasi yang benar, karena ini penting untuk mencegah penyebaran covid.