h
  • Home
  • Berita Foto
  • MEDIA BRIEFING "CATATAN AKHIR TAHUN KINERJA BPKN PERIODE IV (2017 s.d 2020)

MEDIA BRIEFING "CATATAN AKHIR TAHUN KINERJA BPKN PERIODE IV (2017 s.d 2020)

MEDIA BRIEFING "CATATAN AKHIR TAHUN KINERJA BPKN PERIODE IV (2017 s.d 2020)

Jakarta, 10 Agustus 2020– Badan Perlindungan Konsumen Nasional menggelar Media Briefing dalam rangka Kegiatan Catatan Akhir Tahun (CAT) kinerja BPKN dari tahun 2017 s.d  2020  yang berlangsung selama 2 jam melalui daring webinar ditengah pandemi covid-19

Hadir sebagai narasumber dalam webinar zoom tersebut yaitu, Ardiansyah Parman (Ketua BPKN), Rolas Budiman Sitinjak (Wakil Ketua BPKN),  para komisioner BPKN, serta rekan – rekan media.

 

MEDIA BRIEFING "CATATAN AKHIR TAHUN KINERJA BPKN PERIODE IV (2017 s.d 2020)

Dalam paparannya, Ardiansyah Parman menjelaskan, "Mengawali tahun 2020, bangsa dikejutkan dengan isu terkait Covid-19 yang berdampak pada semua sektor, BPKN telah berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga guna mencari solusi terhadap dampak covid-19 sebagai bentuk pemulihan nasional dari pandemi ke pertumbuhan."

 

MEDIA BRIEFING "CATATAN AKHIR TAHUN KINERJA BPKN PERIODE IV (2017 s.d 2020)

Dilanjutkan oleh penyampaian kinerja BPKN 2017 s.d 2020 dari masing-masing koordinator komisi diantaranya :

 Anna Maria selaku Koordinator Komisi Penelitian dan Pengembangan, menyampaikan Misi I, "Sejak BPKN melayangkan rekomendasi pada tahun 2005 s.d 2020 sudah ada 190 rekomendasi yang disampaikan kepada K/L dan 39 rekomendasi yang telah ditanggapi K/L, mengalami dinamika yg signifikan dan bervariasi isu  -isu sifatnya masif dan nasional seperti sektor pangan, sektor pariwisata, sektor energi , sektor teknologi informasi dan komunikasi"

Arief Safari selaku Koordinator Komisi Komunikasi dan Edukasi menyampaikan Misi II, "Memastikan ketersediaan akses dan informasi yang memadai baik untuk perencanaan, perumusan kebijakan, dan pengambilan keputusan. Berupaya memperkenalkan BPKN melalui berbagai saluran baik di media cetak, elektronik, maupun online, Hal ini terbukti cukup efektif dimana google search engine di tahun 2018 yaitu berkisar 3 juta, di tahun 2019 berkisar 11,8 juta, dan di tahun 2020 berkisar 30,3 juta, tentu hal ini wujud peran media sangat membantu kami dalam membantu kami dalam mensosialisasikan dan mengedukasi kepada masyarakat terkait perlindungan konsumen.

Hal lain ditambahkan Arief, "Kuliah umum juga sangat penting perannya dalam mewujudkan kepranataan untuk integritas perlindungan konsumen,  diharapkan mahasiswa, sebagai influencer dalam keluarga, dapat menjadi salah satu garda depan konsumen cerdas, kritis, dan berperan aktif memperjuangkan hak-hak sebagai konsumen. BPKN mencatat dari tahun 2018 berjumlah 12 perguruan tinggi, di tahun 2019 berjumlah 17 perguruan tinggi, dan di tahun 2020 berjumlah 11 perguruan tinggi. Selain itu adapun kegiatan rutin yang BPKN lakukan dari tahun 2019 yaitu Lomba Vlog BPKN sebagai wujud kaum milenial dalam menyuarakan perlindungan konsumen dilingkungannya melalui video blogging dan Penganugerahan Raksa Nugraga ICPA 2020 sebagai wujud apresiasi terhadap pelaku usaha, K/L, dan Pemda yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen."

Rizal E. Halim selaku Koordinator Advokasi menyampaikan Misi III, “Memastikan dan memperluas akses pemulihan hak konsumen dengan penerimaan pengaduan tentang perlindungan konsumen dari masyarakat, lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat, atau pelaku usaha. Berdasarkan hasil pengaduan yang masuk ke BPKN, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir pengaduan yang masuk mengalami peningkatan terutama dari tahun 2017  berjumlah 281 hingga tahun 2019 mencapai 1.518 pengaduan dari tahun sebelumnya hanya 580 pengaduan dan di tahun 2020 ini mencapai 890 Pengaduan didominasi dari sektor perumahan."

Nurul yakin selaku Koordinator Komisi Kerjasama dan Kelembagaan menyampaikan Misi IV, "Memastikan pemerintah, masyarakat, dan pelaku usaha untuk proaktif dalam upaya perlindungan konsumen, termasuk melalui kehadiran kelembagaan perlindungan konsumen yang berdaya guna.”

 

MEDIA BRIEFING "CATATAN AKHIR TAHUN KINERJA BPKN PERIODE IV (2017 s.d 2020)

Rolas B.Sitinjak menutup Catatan Akhir Tahun 2020 dengan harapan, "Goal kita adalah Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) meningkat sementara konsumen dan pelaku usaha mengharap adanya kepastian hukum dan akses pemulihan hak yang sederhana dan cepat. Oleh karena itu, lembaga perlindungan konsumen diharap  mengedepankan prinsip perlindungan konsumen, penguatan kerjasama global ditingkatkan, pembangunan dan penguatan sistem sebagai bukti negara hadir.”