h
  • Home
  • Berita Foto
  • Rapat Koordinasi Perlindungan Konsumen Jaminan Produk Halal

Rapat Koordinasi Perlindungan Konsumen Jaminan Produk Halal

Rapat Koordinasi Perlindungan Konsumen Jaminan Produk Halal

Badan Perlindungan Konsumen Nasional Hari ini  Selasa Tanggal 25 Agustus 2020 menginisiasi Rapat Koordinasi dengan mengusung tema “Perlindungan Konsumen Jaminan Produk Halal”  ini dibuka secara Online Oleh  H.Dr. HM. Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR RI.

Ardiansyah Parman Ketua BPKN dalam sambutannya menyampaikan Negara wajib memberikan perlindungan dan jaminan tentang kehalalan produk yang dikonsumsi dan digunakan oleh konsumen muslim. Pelaku usaha wajib menjamin bahwa barang yang dijual telah memiliki sertifikasi halal sehingga memberikan jaminan bagi barang/jasa yang dibeli. Jaminan Produk Halal sudah diatur dalam UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Di lapangan, pelaksanaan jaminan produk halal masih menghadapi persoalan tentang transisi waktu kewajiban sertifikasi halal untuk berbagai kategori produk. Logo halal dan transisi pemakaiannya, pemberlakuan standar produk halal serta mekanisme sertifikasi sistem jaminan produk halal, khususnya mekanisme untuk UMKM. Oleh karena itu dengan kehadiran wakil dari kementerian dan lembaga dalam rapat koordinasi ini menjadi sangat penting dalam menentukan langkah solusi atas permasalahan yang dirasa masih ada dalam melaksanakan UU No 33 Tahun 2014. Melalui rapat koordinasi yang diselenggarakan hari ini diharapkan terbangun sinergi dan kolaborasi antar K/L sehingga segala persoalan yang dirasa mash ada dalam pelaksanaan UU No 33 Tahun 2014 akan ditemukan opsi solusinya.

Rapat Koordinasi Perlindungan Konsumen Jaminan Produk Halal

Hadir sebagai Narasumber H. Dr. H.M. Azis Syamsuddin (Wakil Ketua DPR RI), Dr. Arif Safari (Komisioner BPKN), Dr. Rizal E Halim (Koordinator Komisi Advokasi BPKN), Siti Aminah (Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal, BPJPH) , Ari Wahyuni,S.H.,MPM (Direktur Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLI, Kementerian Keuangan RI), M Nadratuzzaman Hosen (Wakil Ketua Dewan Halal Nasional MUI) dan Prof. Irwandi Jaswir (Ahli Bioteknologi);

 

Rapat Koordinasi Perlindungan Konsumen Jaminan Produk Halal

Pada Akhir acara H. Dr. H.M. Azis Syamsuddin (Wakil Ketua DPR RI) menyampaikan perlu peningkatan perundang-undangan dengan tujuan memberikan suatu kenyamanan bagi masyarakat produk halal. Pengawasan DPR akan dilakukan secara bertahap dan fungsi-fungsi DPR akan kami lakukan sehjingga produk - produk di masyarakat akan menjadi aman sesuai dengan kaidah-kaidah hukum islam tanpa menyinggung agama lain.

Ardiansyah Parman diakhir acara menyampaikan  Mari kita saling berbagi peran sehingga tidak perlu terjadi tumpang tindih diantara lembaga terkait sehingga produk halal dapat memberikan kontribusi bagi negara ini.