• Home
  • Berita Foto
  • FGD membahas Implikasi Konsumen Penginapan Berbasis Aplikasi

FGD membahas Implikasi Konsumen Penginapan Berbasis Aplikasi

FGD membahas Implikasi Konsumen Penginapan Berbasis Aplikasi

Jum’at (25/05/2020) - Badan Perlindungan Konsumen Nasional mengadakan Focus Group Discussion (FGD) melalui Zoom Meeting untuk membahas Implikasi Konsumen Penginapan Berbasis Aplikasi.
.
FGD ini dibuka oleh Ketua Komisi Penelitian dan Pengembangan Arief Safari dan diikuti Komisioner BPKN Periode IV dan V beserta Sekretariat BPKN.

FGD membahas Implikasi Konsumen Penginapan Berbasis Aplikasi

Kesimpulan dari FGD ini yaitu :

1.   Ekonomi digital memberikan berbagai terobosan, manfaat dan disrupsi dalam berbagai model bisnis dan usaha, khususnya dalam bisnis penginapan dimana saat ini sudah terdapat berbagai macam aplikasi dengan menggunakan sistem pembayaran secara digital

2.  Dengan adanya perluasan ragam jasa bisnis penginapan berbasil aplikasi tidak menutup kemungkinan menimbulkan potensi terjadinya sengketa konsumen, maka salah satu pertimbangan ke depan konsumen tidak harus lagi menyelesaikan sengketa secara konvensional namun secara online (ODR).

3.    Dengan adanya transaksi lintas batas, penyelesaian secara cross border perlu menjadi perhatian.

4.   Ke depan pengembangan usaha penginapan berbasis aplikasi perlu dilakukan namun tetap mengedapankan prinsip perlindungan konsumen khususnya di pada masa dan setelah pandemi.

5.   Maka dari itu, Perlu penerapan konsep Self Regulatory terhadap isu ini dan juga perlu meningkatkan edukasi kepada konsumen agar paham akan hak – hak nya supaya terhindar dari kerugian yang dilakukan oleh Pelaku Usaha.