• Home
  • Tentang Kami
  • Anggota BPKN Periode V - (Dr. Megawati Simanjuntak, S.P., M.Si)

Anggota BPKN Periode V - (Dr. Megawati Simanjuntak, S.P., M.Si)



Dr. Megawati Simanjuntak, S.P., M.Si
Anggota Komisi Komunikasi dan Edukasi


Dr. Megawati Simanjuntak, SP, MSi adalah dosen di Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor. Lahir di Balige, 03 November 1972 dan telah menempuh pendidikan S-1 di Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian, IPB pada tahun 1997, pendidikan S-2 pada PS. Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak, Fakultas Ekologi Manusia, IPB dan pendidikan S-3 pada PS. Ilmu Penyuluhan Pembangunan, Ekologi Manusia, IPB pada tahun 2014.

Sebanyak 19 buku teks/buku referensi terkait topik konsumen telah dihasilkan. Pengalaman menjadi redaksi jurnal/mitra bestari pada 13 jurnal nasional dan internasional termasuk yang terindeks scopus serta menjadi anggota pada 8 organisasi profesi di level nasional dan internasional. Ia pernah mendapat paten dari Business Innovation Center (BIC), Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Ristek).

Ia telah melaksanakan 46 kegiatan penelitian di bidang konsumen dan manajemen sumberdaya keluarga. Sejak tahun 2013 hingga 2019, ia aktif melakukan penelitian tentang indeks keberdayaan konsumen dengan hibah dari Dikti dan Kementerian Perdagangan RI. Pada level internasional, ia terlibat dalam pengembangan instrumen dan menjadi penanggung jawab ASEAN Consumer Empowerment Index di Indonesia. Ia juga mengembangkan alat permainan konsumen cerdas atau SMARTCON yang telah terdaftar patennya pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Upaya pemberdayaan konsumen dilakukan dengan terlibat pada 50 kegiatan edukasi konsumen. Ia menjadi invited speaker pada 8 kegiatan nasional/internasional, presenter pada berbagai international conference, menulis artikel dalam jurnal nasional/internasional, jurnal terindeks scopus dan nasional terakreditasi mencapai 100 buah serta mempublikasikan lima buku dengan satu buku telah mendapat hak cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Ia memperoleh Distinguished Paper Award pada International Bussiness and Social Sciences (IBSS) 2018 di Tokyo, Jepang. Ia juga menjadi juara kedua lomba dosen berprestasi nasional bidang sosial humaniora pada tahun 2019.

 

Download Dokumen: Klik Disini