Audiensi BPKN dengan Gubernur Jawa Timur

Audiensi BPKN dengan Gubernur Jawa Timur

Surabaya, 5 November 2020 - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menerima kunjungan Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rizal E.Halim dan Wakil Ketua BPKN M.Mufti Mubarok beserta para Komisioner BPKN yaitu Lasminingsih, Haris Munandar, M.Said di Kantor Gubernur Jawa Timur (Jatim).

Audiensi BPKN dengan Gubernur Jawa Timur

Rizal E. Halim mengawali audiensi dengan memperkenalkan keanggotaan BPKN periode 2020 – 2023 dan menjelaskan sekilas tentang BPKN. “Pengaturan perlindungan konsumen yang ada saat ini, sudah tidak lagi memadai bagi terwujudnya integritas perlindungan konsumen yang berdaya angkat kesejahteraan dan berdaya saing khususnya hukum dan pengaturan perlindungan konsumen nasional belum mampu mengakomodir dinamika transaksi dan perlindungan konsumen di era ekonomi digital”.

Audiensi BPKN dengan Gubernur Jawa Timur

BPKN juga menggelar serangkaian acara yaitu penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur diantaranya dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya (STIE Perbanas) dan dengan Universitas Jember.

Audiensi BPKN dengan Gubernur Jawa Timur

Sebagai penutup, Rizal mengatakan, “Ke depan, BPKN mengusulkan kolaborasi antara pemerintahan daerah yang dapat memberikan kontribusi bagi upaya pengembangan perlindungan konsumen nasional. Juga perlunya Perda Perlindungan Konsumen sebagai acuan pelaksanaan perlindungan konsumen di daerah, menjaga kepercayaan bertransaksi guna meningkatkan nilai pendapatan daerah yang diperoleh dari transaksi konsumen di pasar, memastikan terbukanya akses pemulihan hak konsumen yang dapat diperoleh dengan mudah, mendukung peningkatan pemahaman perlindungan konsumen guna meningkatkan indeks keberdayaan konsumen dan peningkatan peran lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat.