BPKN Dorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi di Daerah

BPKN Dorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi di Daerah

Dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (HARKONAS) 2020, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengundang secara Khusus M. Mufti Mubarok, Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional RI (BPKN) Sebagai Narasumber Utama dalam puncak HARKONAS dengan tema acara Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia maju, kepercayaan bertransaksi menuju konsumen berdaya

Acara yang dipromotori oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim menggelar talk show dengan tema “Pentingnya Regulasi Perlindungan Konsumen bagi Pengembangan Ekonomi Daerah,” pada Jumat 20 November 2020 di Grand City Surabaya.

BPKN Dorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi di Daerah

M. Mufti Mubarok, Wakil Ketua BPKN RI Menyatakan bahwa jika Konsumen Berdaya dan para pelaku usaha bertanggung jawab maka iklim usaha akan kondusif, dan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi pada tingkat daerah.

Saat ini Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) secara nasional masih diangka 41,7 pada level mampu, sedangkan IKK Jatim lebih tinggi dari nasional sebesar 44.38 yang artinya meski IKK Jatim lebih tinggal secara nasional namun masih dilevel mampu juga.

BPKN Dorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi di Daerah

“BPKN akan terus mendorong beberapa kebijakan daerah tentang perlindungan konsumen secara masif dan menumbuhkembangkan pelaku usaha agar mempunyai standar produk yang berkualitas, dan intinya BPKN akan mendukung penuh Pemerintah Pusat dan daerah untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemic ini,” tegas Wakil Ketua BPKN.

Dalam kesempatan yang sama M. Said Sotomo, Wakil Ketua Komisi kelembagaan dan Kerjasana BPKN RI juga mengingatkan pentingnya peran Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) untuk bisa memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

BPKN Dorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi di Daerah

Acara talk show ini dihadiri oleh Pejabat Kemendag RI, Kadis Disperindag, LPKSM, BPSK, KADIN dan Asosiasi Bisnis se-Jawa Timur. Selain talk show yang dipandu Agnes Santoso, terdapat juga diadakan Expo Jatim yang menampilkan produk - produk unggulan para UMKM di seluruh Jawa Timur.