• Home
  • Berita Foto
  • WEBINAR KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PAMULANG

WEBINAR KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PAMULANG

WEBINAR KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PAMULANG

Jakarta,(17/07/2020) - Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menyelenggarakan kuliah umumedukasi perlindungan konsumen yang diselenggarakan oleh BPKN di Universitas Pamulang.  Kuliah Umum ini mengangkat tema tentang “ Perlindungan Hukum Bagi Konsumen di Era Digital dan Pandemi Covid-19”  yang dihadiri oleh +200 peserta terdiri dari mahasiswa dari fakultas manajemen dan fakultas hukum.

Hadir dalam webinar kuliah umum tersebut Ir.Johan Efendi, M.Si.,Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN RI, Dr. wildan S.S.M.A Selaku Wakil Rektor 3 Universitas Pamulang , Dr.Firman T. Endipraja dan Dr. Elli Ruslina selaku narasumber, Untung Susiasih, S.H. M.H. serta Para Komisioner.

Dr. M. Wildan S.S.M.A selaku Wakil Rektor 3 Universitas Pamulang mengapresiasi baik kegiatan kuliah umum BPKN untuk membagikan ilmunya kepada mahasiswa Universitas Pamulang terhadap pentingnya Edukasi Perlindungan Konsumen.

WEBINAR KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PAMULANG

Dalam sambutan pengantar, Johan Efendi mengatakan “Edukasi kepada konsumen adalah salah satu cara untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa konsumen perlu mengenal dan memahami hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Untuk itu di selenggarakan edukasi dalam bentuk kuliah umum, harapanya tentu saja Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) meningkat, terlebih Edukasi ini diperlukan untuk mengetahui apa saja yang seharusnya menjadi perhatian konsumen di era digital dan pandemic covid-19.”

WEBINAR KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PAMULANG

Firman Turmantara menyampaikan,” Pandemi covid 19 memberikan dampak besar pada seluruh sektor kehidupan masyarakat. Selain dampaknya di bidang kesehatan, sektor ekonomi merupakan salah satu yang paling besar merasakan dampak dari pandemi ini. Perlu disadari konsumen  juga di era yang serba digital ini teknologi informasi sangat cepat berubah konsumen perlu lebih selektif lagi dampak positif dan negatif pada pengaruh perubahan tersebut", maka dari itu Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 pasal 1 ayat 1 mengatur dengan jelas “Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen.”

Hal lain ditambahkan, Elli Ruslina, “Hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha juga diatur di dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen sehingga konsumen harus cerdas dan lebih berhati-hati dalam membeli barang, apalagi disaat pandemic seperti ini yang serba online dan sebagian pelaku usaha mengambil celah keuntungan dari momentum tersebut.

WEBINAR KULIAH UMUM EDUKASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI UNIVERSITAS PAMULANG

Harapan kegiatan webinar ini mahasiswa yang mengikuti kuliah umum ini selain berdaya di era digital seperti ini juga harus lebih melek hukum terkait isu – isu perlindungan konsumen agar kerugian dapat diminimalisir dengan baik,”ujar Firman