BPKN Cek Keakuratan Kadar Emas di Palembang

BPKN Cek Keakuratan Kadar Emas di Palembang

Sumber : https://www.tribunpos.com/sumatera-selatan/bpkn-cek-kekuratan-kadar-emas-di-palembang

 

TRIBUNPOS, PALEMBANG | Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait isu aktual yang selama ini beredar di masyarakat menyangkut keakuratan kadar emas di Kota Palembang.

Hadir dalam FGD yang dilaksanakan di aula Kantor Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada kamis (18/3/2021) itu Perwakilan BPKN RI Arief Safari dan Slamet Riyadi, Kabid Perlindungan Konsumen Disperindag Provinsi Sumsel Deva Octavianus Coriza, Ketua YLKI Sumsel RM Taufik Husni, Yuli Koptiana Kasi Pengawasan Meterologie Sumsel serta perwakilan dari Apindo, BPSK dan para pengusaha emas.

Dalam paparannya, Slamet Riyadi menjelaskan perkembangan pelaporan konsumen sejak tahun 2017 hingga 2020, menyikapi ketidak akuratan kadar emas di masing masing daerah.

“FGD ini kita menelaah isu aktual, bagaimana upaya pemerintah dalam mengedukasi kensumen dan pelaku usaha terkait informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi jaminan kepastian kadar emas yang beredar di masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, ada hal yang menarik dalam diskusi, Riki pemilik Toko Emas Gemilang menyampaikan perlu adanya sosialisasikan terkait kadar emas di Palembang. Yakni standar acuan sesuai dengan Standar Internasional ISO 8888:2020.

Dikatakannya, bila mengacu Emas 22 karat 91,67% – 95,82% atau 92% yang terdaftar itu adalah standar penjualan di kota Palembang.

“Kami mohon kepada BPKN, Deperindag dan pihak terkait lainnya segera mensosialiasikan kadar emas itu ke masyarakat konsumen,” ucapnya.