BPKN KAJI AKSESIBILITAS KONSUMEN DISABILITAS JOGJA

BPKN KAJI AKSESIBILITAS KONSUMEN DISABILITAS JOGJA

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI melakukan kajian perlindungan konsumen terkait aksesibilitas dan akomodasi layak bagi konsumen disabilitas terutama terkait transportasi dan e-commerce di Kota Yogyakarta.

Ketua Komisi Penelitian dan Pengembangan BPKN RI, Arief Safari, mengatakan, kajian yang dilakukan di Yogyakarta sebagai upaya memenuhi kebutuhan para penyandang disabilitas untuk tetap mendapatkan hak-haknya terutama pada sektor transportasi dan e-commerce yang merupakan hak asesibilitas dasar bagi konsumen disabilitas.

BPKN KAJI AKSESIBILITAS KONSUMEN DISABILITAS JOGJA

Sementara itu, Ketua Komisi Advokasi BPKN RI, Rolas Budiman Sitinjak, mengemukakan, adanya kajian penelitian terkait pentingnya perlindungan konsumen termasuk konsumen disabilitas dilatar belakangi adanya fakta yang menunjukkan bahwa Indonesia belum ramah dengan difabel seperti transportasi dan situs web yang belum aksesibilitas.

BPKN KAJI AKSESIBILITAS KONSUMEN DISABILITAS JOGJA

"Targetnya adalah supaya adil, teman-teman disabilitas juga mempunyai hak yang sama,"

Kajian yang dilakukan BPKN RI terutama terkait perlindungan konsumen terkait aksesibilitas dan akomodasi layak bagi konsumen disabilitas baru pertama, sehingga diharapkan semakin menguatkan aksesibilitas terhadap disabilitas untuk mendapatkan kesetaraan hak di seluruh Indonesia.