• Home
  • Berita Foto
  • KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI KUNINGAN

KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI KUNINGAN

KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI KUNINGAN

Jakarta,(25/03/2021) - Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menyelenggarakan kuliah umumedukasi perlindungan konsumen yang diselenggarakan oleh BPKN di Universitas Kuningan secara langsung dan melalui Zoom Meeting. Kuliah Umum ini mengangkat tema tentang “ Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Tangguh” yang dihadiri oleh +100 peserta terdiri dari mahasiswa dari fakultas hukum.

KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI KUNINGAN

Hadir dalam webinar kuliah umum tersebut Ir. Johan Efendi, M.Si.,Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN RI, Wakil Rektor III, Dr. Haris Budiman, S.H.,M.H., Universitas Kuningan, Dr. Firman T. Endipraja selaku narasumber, Ir. Heru Sutadi, M.Si, Dr. N.G.N. Renti Maharaini K.,S.H.,M.H serta Para Peserta.

KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI KUNINGAN

Wakil Rektor III, Dr. Haris Budiman, S.H.,M.H., dalam sambutannya menyampaikan reorientasi kurikulum pada kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dilakukan dalam upaya mengimplementasikan konsep MBKM.

Dalam sambutan pengantar, Johan Efendi mengatakan "Fungsi BPKN salah satunya adalah memberikan masukan terhadap pembuatan kebijakan perlindungan konsumen dan juga mensosialisasikan kebijakan tersebut. Dalam hal ini, BPKN menggelar berbagi kegiatan, termasuk kuliah umum ini, yang mana salah satunya tujuannya yaitu memperkenalkan berbagai kebijakan perlindungan konsumen sehingga nantinya perlindungan konsumen berjalan secara efektif." ungkapnya.

KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI KUNINGAN

Firman Turmantara menyampaikan,” Konsumen adalah penentu suatu produk itu laku/dibutuhkan/dibeli atau tidak. Berkembangan tidaknya suatu produk tergantung pilihan konsumen. Keputusan konsumen menentukan perkembangan suatu produk/pasar/perdagangan/perekonomian suatu bangsa. 

Maka dari itu Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 pasal 1 ayat 1 mengatur dengan jelas “Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen.”