• Home
  • Berita Foto
  • KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI UNIVERSITAS MATARAM

KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI UNIVERSITAS MATARAM

KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI UNIVERSITAS MATARAM

Mataram, (08/04/2021) – Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) kembali menyelengggarakan umum edukasi perlindungan konsumen yang diselengggarakan oleh BPKN-RI di Universitas Mataram yang disiarkan  secara langsung dan daring melalui zoom meeting. Kuliah umum perihal edukasi perlindungan konsumen ini kembali mengangkat tema perihal “Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Tangguh” yang cukup banyak menarik perhatian mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Mataram.

Turut hadir dalam webinar kuliah umum tersebut Ir. Johan Efendi, M.Si., selaku Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN-RI, Wakil Rektor bidang akademik Agusdin, SE., MBA., DBA., Ir. Heru Sutadi, M.Ikom., Dr. N.G.N. Renti Maharani Kerti selaku narasumber serta para mahasiswa Universitas Mataram dari berbagai fakultas baik yang hadir langsung maupun secara online.

KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI UNIVERSITAS MATARAM

Dalam sambutannya Wakil Rektor bidang akademik, Agusdin menyampaikan tentang perbedaan antara ekspektasi dan realita pada saat konsumen belanja melalui online atau e-commerce. Ketua Komisi Johan Efendi menyampaikan dan membahas tentang UU perlindungan konsumen dan banyaknya pelaku usaha yang tidak jujur serta bagaimana kondisi konsumen di Indonesia saat ini. Dan juga tidak lupa beliau menerangkan bahwa ,”salah satu fungsi BPKN adalah memberikan masukan terhadap pembuatan kebijakan perlindungan konsumen serta mensosialisasikan kebijakan tersebut. Pemerintah juga bisa membantu terwujudnya landasan hukum agar terciptanya keseimbangan dan kesetaraan konsumen Indonesia.”

KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI UNIVERSITAS MATARAM

Lebih lanjut lagi Heru Sutadi, menjelaskan bahwa pentingnya membangun budaya konsumen yang tinggi serta konsumen dituntut menjadi kritis dan teliti. Konsumen juga memiliki hak untuk memilih, dan pilihlah yang sekiranya lebih secure demi keselamatan konsumen sendiri.

KULIAH UMUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MENUJU INDONESIA TANGGUH DI UNIVERSITAS MATARAM

Harapan BPKN RI untuk ke depannya adalah dengan adanya kuliah umum tentang edukasi perlindungan konsumen ini , ”menambah pengetahuan masyarakat tentang hak dan kewajibannya sebagai konsumen yang pintar, serta penegakan hukum tidak hanya bersif'at regulasi dan substansi, namun juga butuh dukungan pengaduan dan kerjasama konsumen agar semakin kuat,” ujar  Renti Maharani.