• Home
  • Berita Foto
  • Penandatanganan PKS dan Diskusi Kelembagaan Perlindungan Konsumen di STAI Sayid Sabiq

Penandatanganan PKS dan Diskusi Kelembagaan Perlindungan Konsumen di STAI Sayid Sabiq

Penandatanganan PKS dan Diskusi Kelembagaan Perlindungan Konsumen di STAI Sayid Sabiq

 

 

Indramayu, Kamis (22/4/2021), Komisi Kelembagaan dan Kerjasama Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) melakukan tindaklanjut MoU dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sayid Sabiq – Indramayu Tahun 2020. Tindak lanjut tersebut merupakan Penandatangan PKS dan dilanjutkan dengan Diskusi Kelembagaan Perlindungan Konsumen.

 

 

Penandatanganan PKS dan Diskusi Kelembagaan Perlindungan Konsumen di STAI Sayid Sabiq

 

Acara  tersebut dihadiri oleh Bapak Dr. Haris Munandar N., M.A., Selaku Ketua Komisi Kelembagaan dan Kerjasama BPKN, Bapak Dr. H. Didin Kurniadin Maskar., M.Pd.,M.Si., selaku Ketua STAI Sayid Sabiq, Bapak Dr. Adi Purwono, S.H., selaku Ketua BPSK Indramayu, Bapak Drs. Radix Siswo Purwono, MS. Dan Bapak Drs. Muhammad Said Sutomo selaku Anggota Kelembagaan dan Kerjasama Badan Perlindungan Konsumen Naional (BPKN RI). Acara kegiatan dimulai dengan sambutan dari Bapak Dr. Haris Munandar N, M.A, yang menyampaikan rasa terima kasih dalam menyambut kehadiran BPKN RI di STAI Sayid Sabiq kemudian  Bapak Dr. H. Didin Kurniadin Maskar., M.Pd.,M.Si., menyampaikan permasalahan seputar perlindungan konsumen yang terjadi di Indramayu  tentang kecurangan pelaku usaha di pasar. Kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan PKS yang ditandatangani oleh Pihak Pertama Bapak Dr. Haris Munandar N., M.A., dan Pihak Kedua Bapak Dr. H. Didin Kurniadin Maskar., M.Pd.,M.Si., yang disaksikan oleh Bapak Drs. Radix Siswo Purwono, M.S., dan Bapak Drs. Muhammad Said Sutomo, Ibu Lilis Suryani, S.Pd., M.Si., dan Bapak Abdul Gofur, M.H.I.

 

Penandatanganan PKS dan Diskusi Kelembagaan Perlindungan Konsumen di STAI Sayid Sabiq

 

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Dialog Kelembagaan Perlindungan Konsumen yang dibawakan oleh Bapak Drs. Radix Siswo Purwono, M.S., Bapak Drs. Muhammad Said Sutomo dan Bapak Dr. Adi Purwono, S.H. Diskusi dimulai dengan Bapak Drs. Radix Siswo Purwono, M.S., yang menbawakan tema Perlindungan Konsumen dan data-data pengaduan konsumen yang ada di BPKN RI. Dilanjutkan oleh Bapak Drs. Said Sutomo dengan tema LPKSM dan memberikan aspirasi berupa “BPKN RI perlu menjalin kerjasama dengan Majelis Agung Republik Indonesia untuk mendorong Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), dengan membekali dan mensertifikasi mediator kepada pengurus BPSK”. Terakhir Ketua BPSK, Bapak Dr. Adi Purwono, S.H., menjelaskan tugas dan fungsi BPSK dan juga memberikan masukan “Rekomendasi dan Kajian Hukum terhadap klaim Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang UU Fidusia sebagai lex specialis sehingga menutup kewenangan BPSK dalam menanggani konsumen yang bersengketa dengan leasing sedangkan keberadaan OJK sangat terbatas jumlahnya sehingga sulit terjangkau oleh masyarakat konsumen”.

Acara ditutup oleh Bapak Dr. H. Didin Kurniadin Maskar., M.Pd.,M.Si., dan Bapak Dr. Haris Munandar N., M.A.,Dalam waktu dekat BPKN RI akan memberikan pembekalan untuk mahasiswa STAI Sayid Sabiq agar terbentuknya Pusat Pelayanan Pengaduan di Indramayu.