FOCUS GROUP DISCUSSION

FOCUS GROUP DISCUSSION

Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung agar hak bagi warga penyandang disabilitas khususnya di sektor transportasi dan e-commerce terus ditingkatkan.

FOCUS GROUP DISCUSSION

Hal tersebut terungkap dalam Acara Diskusi perlindungan konsumen dengan topik “Upaya Pemerintah dan Pelaku Usaha dalam Menjamin Hak Aksesibilitas Konsumen Disabilitas pada Sektor Transportasi dan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (e-commerce) oleh BPKN-RI” di ruang rapat wali kota, Jumat (21/5/2021).

FOCUS GROUP DISCUSSION

Hadir dalam acara, Dr. Anna Maria Tri Anggraini, Wakil Ketua Komisi Penelitian dan Pengembangan BPKN RI, Dr. Firman Turmantara Endipraja, Wakil Ketua Komisi Edukasi dan Komunikasi BPKN RI. Lalu, Mariolegi Putra Gunawan, Kepala Bagian Komisi Penelitian dan Pengembangan BPKN RI, Fitri Nur Aisyah, dan Sekretariat Komisi Penelitian dan Pengembangan BPKN RI.

FOCUS GROUP DISCUSSION

Badan Perlindungan Konsumen Nasional disambut oleh PLH. Sekda Kota Bandar Lampung yaitu Bapak Tole Dailami. “Kami tim dari BPKN RI melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan Pemkot Bandar Lampung,” tutur Dr. Anna Maria Tri Anggraini, Wakil Ketua Komisi Penelitian dan Pengembangan BPKN RI saat dijumpai awak media.
Menurutnya, BPKN RI dalam hal ini mendorong baik Pemerintah Pusat dan Daerah untuk pelaksanaan aksesibilitas ataupun akses untuk kaum disabilitas. Penekanannya adalah dari sisi kelengkapan regulasi, penerapan, implementasi dan pengawasan. Pihaknya mengharapkan untuk di daerah itu saja.
.
Moderator Acara sekaligus mewakili dari Pemkot Bandar Lampung, Khaidarmansyah menjekaskan bahwa pihaknya untuk transportasi telah menyediakan beberapa fasilitas khususnya untuk kaum disabilitas. “Untuk itu sudah disiapkan 35 halte yang mengakomodir untuk penyandang disabilitas,” paparnya.
Menurutnya, Dinas Perhubungan (Dishub) sebagai pihak yang berwenang juga sudah menyiapkan tangga khusus bagi penyandang disabilitas. Sementara, Pemkot Bandar Lampung melalui Dinas Kominfo Kota Bandar Lampung terkait ecommerce sudah membangun beberapa titik hotspot dalam rangka memberikan kenyamanan masyarakat khususnya penyandang disabilitas.