Webinar Kuliah Umum di Universitas Tarumanagara

Webinar Kuliah Umum di Universitas Tarumanagara

Jakarta,(28/05/2021) - Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) menyelenggarakan kuliah umum edukasi perlindungan konsumen dengan bekerja sama Universitas Tarumanagara melalui daring.

Hadir dalam acara tersebut Ir. Johan Efendi, M.Si.,Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN-RI, Dekan Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn., Dr. N.G.N. Renti Maharaini K.,S.H.,M.H selaku narasumber, Vera Wheni S. Soemarwi, S.H., L.LM selaku Moderator dosen Fakultas Hukum Universitas Hukum., Ir. Heru Sutadi, M.Si, serta para peserta mahasiswa.

Webinar Kuliah Umum di Universitas Tarumanagara

Dekan Universitas Tarumanagara, Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn., dalam sambutannya menyampaikan sengketa konsumen, pada era digital dan di era perdagangan banyak sekali transaksi konsumen yang memicu sengketa dalam ketidakpahaman konsumen dan memiliki kekurangan informasi dalam transaksi tersebut.

Webinar Kuliah Umum di Universitas Tarumanagara

Dalam sambutan pengantar, Johan Efendi mengatakan "Fungsi BPKN salah satunya adalah memberikan masukan terhadap pembuatan kebijakan perlindungan konsumen dan juga mensosialisasikan kebijakan tersebut. Dalam hal ini, BPKN menggelar berbagi kegiatan, termasuk kuliah umum ini, yang mana salah satunya tujuannya yaitu memperkenalkan berbagai kebijakan perlindungan konsumen sehingga nantinya perlindungan konsumen berjalan secara efektif. Dalam ekonomi digital pada saat ini adanya tantangan yang kita rasakan 2 tahun terakhir ini dalam masa pandemic Covid 19" ungkapnya.

Webinar Kuliah Umum di Universitas Tarumanagara

Renti Maharaini menyampaikan,” Upaya penyelesaian sengketa konsumen, peran BPKN dalam perlindungan konsumen yaitu memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah dalam upaya mengembangkan perlindungan konsumen maka dari itu Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 pasal 1 ayat 1 mengatur dengan jelas “Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen.”

Heru Sutadi menyampaikan,” Perlindungan konsumen di era digital, ekonomi saat masa pandemic covid 19 ini dalam persoalan-persoalan terkait bisnis digital mucul ada beberapa hal penipuan online, berbelanja barang yg tidak sesuai salah satunya.