• Home
  • Berita Foto
  • FGD - Pernyataan Kehalalan Produk Pangan Usaha Mikro Kecil

FGD - Pernyataan Kehalalan Produk Pangan Usaha Mikro Kecil

FGD - Pernyataan Kehalalan Produk Pangan Usaha Mikro Kecil

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN)  Melakukan Kegiatan analsis Data Lapangan terkait Pernyataan Kehalalal Produk Pangan Usaha Mikro Kecil mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Pekalongan mengurus sertifikasi halal,  Jumat (28/5) .

Dalam kegiatan tersebut BPKN-RI diwakili oleh  Slamet Riyadi Anggota Komisi Penelitian dan Pengembangan  dan Said Sutomo Anggota Kelembagaan dan Kerjasama, serta di terima oleh Kepala Bagian Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam  Setda Kota Pekalongan, Betty Dahfiani Dahlan dan Kepala Kantor Perwakilan Agama Kota Pekalongan Bapak Slamet Irfan.

Dalam Diskusi tersbut Bapak Slamet Riyadi mengatakan,  Menyampaikan Tentang Kajian yang sedang dilakukan oleh BPKN-RI dalam menjalankan perintah Undang-Undang Perlindungan Konsumen khusunnya mengenai sertifikasi halal pada sebuah produk pangan menjadi hal yang penting. “Dengan adanya sertifikasi halal, produk pangan yang diproduksi pelaku UMKM akan semakin dipercaya konsumen karena kualitasnya terjamin,”Dengan adanya sertifikasi halal, produk pangan yang diproduksi pelaku UMKM akan semakin dipercaya konsumen karena kualitasnya terjamin,” terangnya. Dalam Diskusi tersebut Bapak Said Sutomo Membahkan “ Tentang peran lembaga perlindungan konsumen dan pentingannya pemahaman konsumen dan pelaku usaha terkait kehalaln produk baik dalam pra transaksi, Transaksi dan Pasca Transaksi  untuk dapat melindungi konsumen dari kerugian.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kota Pekalongan, Betty Dahfiani Dahlan berharap, OPD yang menaungi UMKM bisa segera menindaklanjuti informasi yang disampaikan BPKN dalam acara hari itu.

“Sehingga nantinya, UMKM Kota Pekalongan khususnya sektor kuliner dapat memiliki sertifikat halal. Dengan demikian, konsumen akan memperoleh haknya untuk mendapatkan produk yang halal

 

FGD - Pernyataan Kehalalan Produk Pangan Usaha Mikro Kecil

Dalam Sesi diskusi tersebut, dihadiri oleh perwakilan dari MUI Kota Pekalongan, Dinas Perindustrian Kota Pekalongan, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Perwakilan Dari Kementerian Agama Kota Pekalongan, media local kota pekalongan dan Perwakilan tiga pelaku usaha Usaha Kecil Mikro Kota Pekalongan. 

FGD - Pernyataan Kehalalan Produk Pangan Usaha Mikro Kecil

Setalah diskusi berakhir Bapak Slamet Riyadi mewakili anggota BPKN-RI  didampingi oleh Pak Said Sutomo melakukan penukaran plakat dengan pemerintah Kota Pekalongan yang diwakili oleh Ibu Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kota Pekalongan, Betty Dahfiani.

 

FGD - Pernyataan Kehalalan Produk Pangan Usaha Mikro Kecil

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke tiga UMKM Pangan dikota pekalongan (Shalala,Onty Homemade Cake Bakery dan Lingi Cookies Character)   dalam kunjungan tersebut BPKN didampingi oleh  Dinas Perindustrian, Perwaikilan Pemerintah Walikota Pekalongan dan Pewakilan Kementerian Agama Kota Pekalngon. Kujungan kepada pelaku usaha dilakukan ke dua Usaha UMK yang sudah memiliki sertifikasi halal dan satu UMK yang tidak memiliki Sertifikasi Halal.