Kuliah Umum diselenggarakan di Universitas Surabaya

Kuliah Umum diselenggarakan di Universitas Surabaya

Jakarta,(02/06/2021) - Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) mengikuti  kuliah umum yang di selenggarakan Universitas Surabaya  melalui daring.

Hadir dalam acara tersebut Dr. N.G.N. Renti Maharaini K.,S.H.,M.H Anggota Komisioner Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN-RI selaku narasumber, Dr.Hwian Christianto, S.H., M.H. Wakil Dekan I/Ketua Laboratorium Hukum Keperdataan Fakultas Hukum Universitas Surabaya, Dr. Elly Hernawati, S.H., M.Hum PJMK Mata Kuliah Hukum Perlindungan Konsumen  selaku Moderator.

Kuliah Umum diselenggarakan di Universitas Surabaya

Renti Maharaini menyampaikan,” Fungsi Utama Perlindungan Konsumen yang terdapat di Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 yaitu Memberikan saran dan pertimbangan kepada Pemerintah  dalam upaya mengembangkan Perlindungan Konsumen  serta mengetahui Hak dan Kewajiban Konsumen dan Pelaku Usaha.”

Beliau juga menyampaikan BPKN-RI tentang rencana stranas PK 2021-2024 yang mana terdapat 3 pilar:1. peningkatan Peran  pemerintah, 2. Peningkatan Perdayaan Konsumen, 3. Peningkatan Kepeatuhan Pelaku Usaha. Dengan 11 sektor yaitu : perumaha, keuangan,telekomunikasi, e-commerce, transportasi, barang elektronika, telematika, dan  kendaraan bermotor, listrik dan  gas rumah  tangga, Obat dan Makanan, Layanan Kesehatan, Halal Produk, dan sanitasi dan lingkungan hidup.

Kuliah Umum diselenggarakan di Universitas Surabaya

Di akhir Penutup Dr. N.G.N. Renti Maharaini K.,S.H.,M.H menambahkan BPKN-RI cukup intens untuk menghimbau masyarakat baik di media sosial dan rilis untuk mengedukasikan masyarakat terkait perlindungan konsumen dari berbagai sektor agar memahami hak—hak konsumen dan menyadari tanggung jawab sebagai konsumen maupun pelaku usaha.