• Home
  • Aktualita
  • PPKM Berlevel Diperpanjang, Ketua BPKN RI Minta Masyarakat Bersikap Bijak dan Tetap Waspada

PPKM Berlevel Diperpanjang, Ketua BPKN RI Minta Masyarakat Bersikap Bijak dan Tetap Waspada

PPKM Berlevel Diperpanjang, Ketua BPKN RI Minta Masyarakat Bersikap Bijak dan Tetap Waspada

sumber : https://www.kompas.tv/article/196003/ppkm-berlevel-diperpanjang-ketua-bpkn-ri-minta-masyarakat-bersikap-bijak-dan-tetap-waspada

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN) RI Rizal E Halim menyatakan kelonggaran yang dilakukan pemerintah harus disikapi dengan bijak dan waspada oleh masyarakat.

"Kelonggaran yang dilakukan pemerintah harus disikapi dengan bijak oleh kita semua. Masyarakat juga harus tetap waspada terutama terhadap varian Delta yang sangat menular," kata Rizal E Halim dalam keterangan resmi, Senin (26/7/2021).

Perlu diketahui, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel kembali diperpanjang oleh pemerintah hingga 2 Agustus 2021.

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo pada masa PPKM pemerintah harus lebih cermat dalam aspek kesehatan dan aspek sosial ekonomi khususnya pemenuhan kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, berdasarkan instruksi mendagri nomor 24 tahun 2021 tentang PPKM Level 3 dan Level 4 di Jawa-Bali pasar rakyat diperbolehkan untuk dibuka dengan protokol kesehatan ketat hingga pukul 15.00 waktu setempat.

Selain itu, bagi pusat perbelanjaan atau mal di wilayah PPKM Level 3 juga diperbolehkan untuk buka dengan maksimal pengunjung 25% hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Menurut Rizal, pihaknya turut mendukung kebijakan pemerintah. Termasuk dengan percepatan bantuan sosial untuk masyarakat yang salah satunya akan dibantu penyalurannya oleh TNI/Polri.

"Bantuan sosial dari Pemerintah yang disalurkan melalui TNI-Polri diharapkan dapat segera di terima masyarakat di Indonesia," tambahnya