• Home
  • Berita Foto
  • SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD (ICPA) 2021”

SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD (ICPA) 2021”

SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD  (ICPA) 2021”

 

Kamis , 12 Agustus 2021 - Badan Perlindungan Konsumen Republik Indonesia (BPKN-RI) melaksanakan Sosialisasi “Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award (ICPA) 2021” Sosialisasi ini dilakukan kepada para pemangku kepentingan (Pemerintah dan Pelaku Usaha) yang bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan perlindungan konsumen dan juga dalam rangka mempromosikan sikap keberpihakan masyarakat terhadap perlindungan konsumen.

 

SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD  (ICPA) 2021”

 

Dalam sambutan, Rizal E Halim mengatakan " Dalam rangka mengembangkan upaya perlindungan konsumen sesuai amanah Pasal 33 jo Pasal 34 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, salah satu tugas Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) adalah menyebarluaskan informasi melalui media mengenai perlindungan konsumen dan memasyarakatkan sikap keberpihakan kepada konsumen. Raksa Nugraha merupakan nama yang dipilih diawal pemberian sosialisasi ini dengan makna “Raksa yaitu pemelihara dan Nugraha yaitu anugrah. Konsumen sudah kita anggap anugrah bagi Indonesia karna konsumen menjadi bantalan selama 2 dekade perekonomian dan pembangaunan nasional.”ungkapnya. 

 

SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD  (ICPA) 2021”

 

Dilanjutkan oleh Johan Effendi menyampaikan,” Dimasa Pandemi Covid-19 ini, banyak pemangku kepentingan yang terkena dampak sehingga banyak dari konsumen mengalami kerugian karena belum terpenuhi Hak nya saat terjadi kerugian, tetapi ada juga para pemangku kepentingan yang tetap memenuhi Hak konsumen meskipun terkena dampak Covid-19. Pertama terkait dengan calon peserta, bahwa dari awal terbagi dua yaitu entitas privat dan entitas publik. Jadi tidak ada menyamaratakan karena entitas ini sangat berbeda. Yang satu orientasinya provit yang satu lagi dilayanan publik itu orientasinya kesejahteraan sosial.  

 

 

SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD  (ICPA) 2021”

 

Renti Maharaini berpendapat bahwa masih banyak pelanggaran hak konsumen yang dilakukan oleh pelaku usaha dan masih banyak pula pengaduan konsumen atas pelanggaran haknya belum terlindungi. Oleh karena itu kegiatan Raksa Nugraha ini merupakan ajang pemeringkatan dan penghargaan kepada Pelaku Usaha, Pemerintah Daerah maupun Pusat di Indonesia yang telah mau dan mampu menyelenggarakan program Perlindungan Konsumen sebagai wujud tanggung jawab para pemangku kepentingan untuk mendukung praktik bisnis yang baik, beretika dan bertanggungjawab agar dapat tumbuh berkelanjutan.