• Home
  • Berita Foto
  • SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD (ICPA) 2021” DENGAN K/L & BUMN

SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD (ICPA) 2021” DENGAN K/L & BUMN

SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD  (ICPA) 2021” DENGAN K/L & BUMN

 

Kamis , 5 Agustus 2021 - Badan Perlindungan Konsumen Republik Indonesia (BPKN-RI) melaksanakan Sosialisasi “Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award (ICPA) 2021” Sosialisasi ini dilakukan dua sesi yaitu sesi pertama (pagi hari) dan sesi kedua (siang hari) dengan sesi pertama di Kementerian/ Lembaga dan sesi kedua dengan BUMN. Acara berlangsung selama 2 jam melalui virtual.

 

Hadir pada sesi pertama Rizal E. Halim selaku Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia, Johan Efendi selaku Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN-RI dan juga Renti Mahairaini K. selaku Komisioner BPKN-RI sekaligus narasumber.

 

Dalam sesi kedua acara diawali dengan welcoming speech  oleh Imam Bustomi selaku Asisten Deputi bid. Teknologi dan Informasi dan Arief Safari selaku Ketua Komisi Penelitian dan pengembangan BPKN-RI serta Johan Efendi selaku Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN-RI dan Heru Sutadi selaku Komisioner BPKN-RI.

 

 

SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD  (ICPA) 2021” DENGAN K/L & BUMN

 

Dalam sambutan, Rizal E. Halim mengatakan " Dalam rangka mengembangkan upaya perlindungan konsumen sesuai amanah Pasal 33 jo Pasal 34 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, salah satu tugas Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) adalah menyebarluaskan informasi melalui media mengenai perlindungan konsumen dan memasyarakatkan sikap keberpihakan kepada konsumen. Raksa Nugraha merupakan nama yang dipilih diawal pemberian sosialisasi ini dengan makna “Raksa yaitu pemelihara dan Nugraha yaitu anugrah. Konsumen sudah kita anggap anugrah bagi Indonesia karna konsumen menjadi bantalan selama 2 dekade perekonomian dan pembangaunan nasional.”ungkapnya. 

 

SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD  (ICPA) 2021” DENGAN K/L & BUMN

 

Dilanjutkan oleh Johan Effendi menyampaikan,” Dimasa Pandemi Covid-19 ini, banyak pemangku kepentingan yang terkena dampak sehingga banyak dari konsumen mengalami kerugian karena belum terpenuhi Hak nya saat terjadi kerugian, tetapi ada juga para pemangku kepentingan yang tetap memenuhi Hak konsumen meskipun terkena dampak Covid-19. Pertama terkait dengan calon peserta, bahwa dari awal terbagi dua yaitu entitas privat dan entitas publik. Jadi tidak ada menyamaratakan karena entitas ini sangat berbeda. Yang satu orientasinya provit yang satu lagi dilayanan publik itu orientasinya kesejahteraan sosial.  

 

 

SOSIALISASI “RAKSA NUGRAHA INDONESIA CONSUMER PROTECTION AWARD  (ICPA) 2021” DENGAN K/L & BUMN

 

Renti Maharaini berpendapat bahwa masih banyak pelanggaran hak konsumen yang dilakukan oleh pelaku usaha dan masih banyak pula pengaduan konsumen atas pelanggaran haknya belum terlindungi. Oleh karena itu kegiatan Raksa Nugraha ini merupakan ajang pemeringkatan dan penghargaan kepada Pelaku Usaha, Pemerintah Daerah maupun Pusat di Indonesia yang telah mau dan mampu menyelenggarakan program Perlindungan Konsumen sebagai wujud tanggung jawab para pemangku kepentingan untuk mendukung praktik bisnis yang baik, beretika dan bertanggungjawab agar dapat tumbuh berkelanjutan.