Rencana Kerjasama BPKN-RI dengan KPPU dan Ombudsman RI

Rencana Kerjasama BPKN-RI dengan KPPU dan Ombudsman RI

3 September 2021 – BPKN-RI melakukan pertemuan awal untuk pembahasan rencana kerjasama dengan KPPU dan Ombudsman RI secara daring pada Jumat (3/9/2021).

Dalam rapat tersebut, Dr. Rizal E. Halim (Ketua BPKN-RI) sebagai Pimpinan rapat menyampaikan Dasar-dasar Ruang Lingkup Kerjasama, seperti : Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat; Penyediaan informasi tentang sengketa yang terjadi antara konsumen, pelaku usaha dan penyelenggara pelayanan publik; Pertukaran data pengaduan dari masyarakat kepada masing-masing Lembaga; dan Penyelenggaraan pertemuan dalam rangka koordinasi pengaduan masyarakat melalui Seminar, Focus Group Discussion (FGD), diskusi, workshop/lokakarya yang bermanfaat bagi para pihak.

Rencana Kerjasama BPKN-RI dengan KPPU dan Ombudsman RI

Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika manyampaikan harapan kedepannya agar kerjasama yang terjalin dapat dijadikan sebagai penuntasan laporan di Ombudsman RI dari masyarakat yang beririsan dengan lembaga-lembaga penyelenggara pelayanan publik, kerjasama ini bisa yang dilakukan dan akan sangat baik jika ketiga lembaga ini, Ombudsman RI, BPKN-RI dan KPPU dapat tampil dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua KPPU, Dr. Guntur Syahputra Saragih, M.S.M, mengatakan bahwa KPPU menyambut baik kegiatan kerja sama yang akan dilakukan bersama antara Ombudsman RI, BPKN dan KPPU. “Edukasi kepada masyarakat juga diakui sangat kurang sehingga banyak isu-isu konsumen yang mengarah ke kami, sehingga kami sambut baik kegiatan ini, menjadikan hubungan kita semakin erat dan tantangan kita masih panjang, semoga hal ini dapat memperkuat lagi hubungan ke tiga lembaga ini.”