Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Rekomendasi BPKN-RI 2021

Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Rekomendasi BPKN-RI 2021

Jakarta – 9 Desember 2021. Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) berusaha memperkuat ekosistem perlindungan konsumen Indonesia di tengah tantangan pandemik Covid-19. Hal tersebut antara lain diwujudkan dengan penyempurnaan peraturan, kebijakan dan implementasi perlindungan konsumen. Untuk itu, BPKN-RI menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tindak lanjut rekomendasi BPKN-RI 2021 yang dihadiri oleh pimpinan kementerian dan lembaga terkait secara hybrid di Graha BPKN-RI pada hari ini.

Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Rekomendasi BPKN-RI 2021

Rapat Koordinasi dibuka oleh Wakil Ketua BPKN-RI, Mufti Mubarok. Dalam sambutannya, Mufti menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk mendiskusikan tindak lanjut rekomendasi-rekomendasi BPKN-RI yang telah disampaikan kepada kementerian/lembaga terkait sehingga dapat mengikuti perubahan dinamika perlindungan konsumen di masyarakat. Kedepan, dengan pembenahan kebijakan oleh pemerintah, konsumen Indonesia dapat semakin berdaya dan ekonomi semakin maju.

Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Rekomendasi BPKN-RI 2021

Pada rakor ini, rekomendasi pertama yang menjadi perhatian adalah terkait Pinjaman Online yang ditujukan kepada Kepala Bareskrim, Menkominfo, OJK, dan SWI. Rekomendasi kedua adalah Keamanan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang ditujukan kepada Mendikbudristekdikti, dan Menkes. Rekomendasi ketiga adalah Peredaran dan Pengawasan Produk Tembakau Pada Konsumen Rentan yang ditujukan kepada Menko PMK, Mendagri, Mendag, Menkes, Mendikbudristek, dan BPOM.

Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Rekomendasi BPKN-RI 2021

Dengan kegiatan ini kedepannya dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi antar kementerian/lembaga dalam hal Perlindungan Konsumen yang telah tertuang dalam UU Nomor 8 Tahun 1999. Selain itu, forum ini dapat menyatukan komitmen terkait tugas dan fungsi masing-masing kementerian/lembaga dan juga pemangku kepentingan di semua sektor dan lini agar jumlah insiden konsumen dapat terus berkurang,” pungkas Rizal E Halim selaku Ketua BPKN-RI saat menutup Rapat Koordinasi (Rakor) tindak lanjut rekomendasi BPKN-RI 2021.