• Home
  • Berita Foto
  • ICC: Solusi Pemerintah Dalam Pengendalian Wabah PMK Menghadapi Hari Raya Idul Adha

ICC: Solusi Pemerintah Dalam Pengendalian Wabah PMK Menghadapi Hari Raya Idul Adha

ICC: Solusi Pemerintah Dalam Pengendalian Wabah PMK Menghadapi Hari Raya Idul Adha

 

Jakarta, 25 Mei 2022, Hari ini Badan perlindungan konsumen melaksanakan kegiatan Indonesia Consumer Clubs: Solusi Pemerintah Dalam Pengendalian Wabah Penyakit Mulut Dan Kuku (Pmk) Menghadapi Hari Raya Idul Adha secara daring yang dihadiri oleh 70 peserta. Tujuan dari kegiatan ini adalah mencari Solusi bersama atas persoalan wabah Penyakit Mulut dan Kuku yang muncul menjelang umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha pada tahun ini. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si.,MH - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Drh. Rismiati, M.S.E - Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKI Jakarta, Ir. Indyah Aryani, MM - Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA - Dosen Pascasarjana IPB dan Dr. M. Mufti Mubarok S.H., S.OS., M.Si – Wakil Ketua BPKN RI.

 

ICC: Solusi Pemerintah Dalam Pengendalian Wabah PMK Menghadapi Hari Raya Idul Adha

 

Dalam sambutan Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si.,MH - Menteri Pertanian Republik Indonesia menyampaikan bahwa tidak ada permasalahan di dalam menghadapi hari raya Idul Adha tahun ini, kementrian pertanian telah melakukan beberapa upaya didalam menanggulangi penyebaran wabah PMK dengan melakukan maping yang cukup maksimal terhadap penyebaran penyakit tersebut, membentuk posko, pendistribusian obat, penyediaan vaksin serta pelatihan pada peternak, tenaga kesehatan dan tenaga inseminator.

 

ICC: Solusi Pemerintah Dalam Pengendalian Wabah PMK Menghadapi Hari Raya Idul Adha

 

Pada kesempatan ini juga Ibu Drh. Rismiati, M.S.E selaku Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKI Jakarta mengatakan bahwa beliau dan jajarannya telah melakukan beberapa langkah untuk pencegahan penyebaran wabah PMK yaitu dengan melakukan koordinasi dengan Lembaga Keagamaan yang ada di DKI Jakarta untuk menghimbau kepada warga Jakarta berkorban di daerah sumber ternak, menetapkan lalulintas hewan ternak yang masuk ke Jakarta adalah hewan-hewan yang telah bebas dari PMK, Melakukan pendampingan pada para peternak dan edukasi kepada seluruh masyarakat mengenai PMK agar tidak terjadi kepanikan terhadap wabah penyakit ini.

Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA - Dosen Pascasarjana IPB memaparkan beberapa solusi untuk jangka panjang dan jangka pendek di tengah maraknya wabah PMK ini, yaitu untuk solusi jangka pendek yaitu diterapkannya larangan menjual ternak dalam keadaan hidup tetapi harus dalam kemasan siap edar ke masyarakat, untuk solusi jangka panjangnya yaitu untuk kedepannya Setiap peternak harusnya terkonsolidasi maksimal 1 kecamatan dan minimal 1 indukan agar nantinya penyakit apapun lebih mudah untuk dikendalikan.

 

ICC: Solusi Pemerintah Dalam Pengendalian Wabah PMK Menghadapi Hari Raya Idul Adha

 

Dr. M. Mufti Mubarok S.H., S.OS., M.Si – Wakil Ketua BPKN RI Pada pemaparannya menyampaikan saat ini pengaduan konsumen yang masuk ke BPKN dengan total penerimaan pengaduan ke BPKN  dari tahun 2017 sampai 29 April 2022) berjumlah 7.413 pengaduan dengan pokok permasalahan disektor perumahan, jasa keuangan dan e-commerce. Dalam kesempatan ini juga Wakil Ketua BPKN menyampaikan Pengaduan yang masuk ke BPKN di bidang pakan ternak sudah mulai ada namun belum mencerminkan sesuatu yang  signifikan, serta Kebutuhan daging untuk Hari Raya Idul Adha pada tahun 2022 ini diprediksi akan naik signifikan dibandingkan tahun sebelumnya karena saat ini situasi pandemi Covid-19 yang sudah mulai berlalu dan ekonomi masyarakat sudah mulai tumbuh.