Edukasi Penguatan Perlindungan Konsumen di Kalurahan Ngalang

Gunungkidul - Kamis, 26 Oktober 2023. Badan Perlindungan Konsumen Nasional melaksananakan Edukasi Penguatan Perlindungan Konsumen dengan tema “Peran BPKN-RI Dalam Perlindungan Konsumen”. yang bertempat di Kalurahan Ngalang, Kepanewon Gedangsari, Gudungkidul, Yogyakarta

Hadir dalam acara Edukasi Penguatan Perlindungan Konsumen Teguh Supriyanto (Kepala Bagian Komunikasi dan Edukasi BPKN), Suharyanta (Lurah Ngalang), Kunto Wibowo (Ulu-Ulu Kalurahan Ngalang) serta Ragitna (Jogo Boyo Ngalang) yang bertindak sebagai moderator pada kegiatan tersebut


Dalam paparannya, Teguh Supriyanto menyampaikan terkait Peran Pemerintah khususnya BPKN-RI dalam perlindungan konsumen yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dimana secara khusus perlindungan konsumen telah diatur hak dan kewajibannya, begitu juga dengan pelaku usahanya

Perwakilan dari Kalurahan Ngalang, Suharyanta menyampaikan bahwa di Kalurahan Ngalang terdapat potensi-potensi yang ada, termasuk dalam upaya mendukung pariwisata di Gunung Kidul. Termasuk Kalurahan Ngalang yang menjadi Desa Wisata. Namun pada sisi yang lain, masyarakat sedang dihadapkan dengan maraknya “bank harian” yang cukup meresahkan masyarakat, atau masyarakat menyebutnya dengan “bank plecit”. Bahkan masyarakat membuat spanduk agar tidak memasuki wilayahnya dalam menawarkan pinjaman


Dalam hal ini Teguh Supriyanto menyampaikan agar konsumen lebih jeli dan bijak dalam membeli barang/jasa. Termasuk diantaranya terkait dengan fasilitas pinjaman, yang sebaiknya digunakan untuk usaha produktif. Serta lebih memprioritaskan membeli barang/jasa yang menjadi kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan saja