Edukasi Perlindungan Konsumen BPKN RI di Universitas Pertamina

Jakarta - Sabtu 4 Maret 2023, Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI) Bersama Universitas Pertamina mengadakan Sosialisasi Edukasi Perlindungan Konsumen Bertemakan "Peran BPKN RI dalam Perlindungan Konsumen” yang berlangsung di gedung Griya legita Universitas Pertamina dengan dihadiri para mahasiswa dan dosen Universitas Pertamina.


Kegiatan ini dibuka oleh Sambutan Ibu Ikri Madrionovella, M.Si selaku Manager Pelayanan Pendidikan dan dilanjutkan dengan sosialisasi perlindungan konsumen dengan narasumber Dr. N.G.N Renti Maharaini, SH., MH selaku anggota BPKN-RI didampingi oleh moderator Bapak Dr. Feriansyah,S.E., M.Si selaku Dosen Prodi Ekonomi Universitas Pertamina.

Renti Maharaini menjelaskan Visi Misi dan Peran BPKN RI terhadap perlindungan konsumen yang mana BPKN RI memiliki empat komisi yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing.”


Renti juga menjelaskan terkait hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha dalam kehidupan sehari-hari yang mana hak dan kewajiban ini harus diterapkan konsumen dan pelaku usaha dengan tujuan bisa diwujudkan konsumen indonesia yang berdaya yang mana konsumen kita mampu untuk melindungi diri dan bernegosiasi dalam bertransaksi serta menumbuhkan pelaku usaha yang beretika dan bertanggungjawab, dengan tercapainya ini akan tercapai iklim yang baik dan barang yang berkwalitas.

Saat ini indeks keberdayaan konsumen indonesia berada dalam kategori mampu, BPKN RI berharap kedepannya indeks keberdayaan konsumen indonesia bisa meningkat ke level kritis bahkan berdaya