FGD 2 : "Dinamika Penyelesaian Sengketa Konsumen Sektor Jasa Keuangan"

Selasa, 27 Agustus 2024 – Badan Perlindungan Konsumen Nasional mengadakan Focus Group Discussion (FGD) II dalam Rangka Rapid Assesment Dinamika Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan yang dilaksanakan di Graha BPKN.

.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua BPKN Bapak Syaiful Ahmar, Wakil Ketua Komisi Penelitian dan Pengembangan BPKN Bapak Agus Satory, Anggota Komisi Penelitian dan Pengembangan BPKN Bapak A. Dwi Rachmanto, Analis Perdagangan Ditjen PKTN Kementerian Perdagangan Ibu Mira Megawati, Deputi Direktur Departemen UKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Bapak Dedi Noor Cahyanto, dan Ketua LAPS SJK Bapak Sutardjo, serta Plt. Ketua YLKI Ibu Indah Sukmaningsih.


Dari hasil FGD tersebut terdapat beberapa poin diantaranya:

 

• Perlunya memberikan pilihan kepada para pihak (konsumen dan pelaku usaha) yang bersengketa untuk memilih jalur mana yang mereka inginkan untuk menyelesaikan sengketanya tanpa harus membatasi hanya 1 pilihan saja;

• Perlunya membuat regulasi terkait irisan penyelesaian sengketa konsumen di sektor jasa keuangan;

• Perlunya diseminasi informasi kepada masyarakat tentang keberadaan LAPS SJK sampai tingkat daerah perlu ditingkatkan.

.

BPKN juga memberikan perhatian dikarenakan dengan munculnya lembaga penyelesaian sengketa jasa keuangan selain BPSK, tidak membuat kewenangan BPSK untuk menyelesaikan permasalahan sektor jasa keuangan tergantikan. Harapannya BPKN RI dan semua pihak dapat bersama-sama membantu mensosialisasikan dan mengedukasi, karena dengan begitu kita menjadi generasi masa depan Indonesia yang berkualitas.