Kunjungan Federal Ministry for the Environment, Nature Conservation, Nuclear Safety and Consumer Protection Germany (BMUV Jerman) dan GIZ

        Jakarta, 16 Juli 2024 - Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN) menerima Kunjungan Perwakilan dari Federal Ministry for the Environment, Nature Conservation, Nuclear Safety and Consumer Protection Germany (BMUV Jerman) dan GIZ

        Ketua BPKN RI menerima perwakilan dari BMUV dan GIZ didampingi oleh Wakil Ketua BPKN RI, Wakil Ketua Komisi Kerjasama & Pengkajian Kelembagaan, Ketua Komisi Penelitian dan Pengembangan, Ketua Komisi Komunikasi & Edukasi, Ketua Komisi Advokasi beserta Anggota dan Sekretariat BPKN, sementara dari perwakilan BMUV yang hadir adalah Head of Head of Directorate; Cross-Sectoral Consumer Policy Issues, Head of Division Strategy and Key Issues of Consumer Policy; International Consumer Affairs, Desk Officer at Strategy and Key Issues of Consumer Policy; International Consumer Affairs, serta dari GIZ dihadiri oleh Junior Advisor GIZ Headquarter dan Advisor, GIZ Indonesia & ASEAN


        Pertemuan dibuka oleh Bapak Heru Sutadi selaku Komisi Komunikasi & Edukasi dengan memperkenalkan Perwakilan BPKN yang hadir dan dilanjutkan oleh perkenalan masing masing perwakilan dari BMUV dan GIZ. Dalam pertemuan tersebut, Rainer Ettel menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan mereka yaitu ingin mengetahui perkembangan isu perlindungan konsumen khususnya penyelesaian sengketa konsumen secara daring (ODR), Isu terkini konsumen terkait e-commerce, sustainability dll yang terjadi di Indonesia.

        Setelah memperkenalkan perwakilan yang hadir, pertemuan dilanjutkan dengan mendengarkan penjelasan dari Bapak Heru Sutadi selaku Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi mengenai tugas dan fungsi BPKN serta perlunya strategi nasional terkait perlindungan konsumen terutama di era digital. Bapak Heru menjelaskan juga terkait tantangan dalam perlindungan konsumen meliputi keamanan data dan keluhan konsumen selain itu perlu diperhatikannya perlindungan konsumen terkait kesetaraan gender terutama untuk wanita dan anak – anak. Seperti contohnya BPKN telah melakukan edukasi di radio Jawa Barat terkait keamanan pangan untuk anak-anak.


        Setelah mendengarkan penjelasan, pertemuan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Di akhir pertemuan, kedua pihak mengharapkan agar kemitraan menjadi lebih kuat dan dapat berkolaborasi dalam kegiatan selanjutnya.