PODCAST BPKN RI DAN JPNN TERKAIT HARI KONSUMEN NASIONAL

20 APRIL 2022

PODCAST BPKN RI DAN JPNN TERKAIT HARI KONSUMEN NASIONAL

1. Rabu, 20 April 2022 - Bertepatan dengan peringatan Hari Konsumen Nasional, Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rizal E. Halim mengungkap kondisi perlindungan konsumen nasional di Indonesia saat ini. Menurut Rizal, keadilan belum berpihak pada konsumen dalam negeri saat ini. Masih banyak yang tidak mendapat ganti rugi akibat kasus yang dihadapi


2. Rizal menjelaskan mengenai definisi perlindungan kosumen dimana di Bab 1 adalah upaya yang dilakukan untuk memberi kepastian hukum. Dirinya juga ,emjelaskan bahwa negara ini belum bisa memberikan kepastian hukum bagi perlindungan konsumen, dan ini merupakan catatan kritis untuk kita semua tentunya di Indonesia terutama dalam perlindungan konsumen


3. Dalam menyelesaikan kasus kewenangan BPKN masih terbatas , karena tugas dan fungsinya secara umum hanya memberi saran dan rekomendasi saja, ini yang menyebabkan hak eksekutorial di BPKN tidak ada, kewenangan untuk melakukan penegakan hukumpun tidak ada