Pastikan Transportasi Kereta Api Yang Aman, Selamat dan Nyaman, BPKN Cek Kesiapan Mudik di Stasiun Gambir

Jakarta, 19 Maret 2025 – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI melakukan koordinasi pemantauan ke Stasiun Kereta Api Indonesia (KAI) Gambir guna memastikan kesiapan layanan transportasi publik dalam memenuhi kebutuhan konsumen menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 H. Hal ini merupakan bagian dari upaya koordinasi dan pemantauan untuk memastikan hak konsumen atas keamanan, kenyamanan dan keselamatan dapat terpenuhi dengan baik.
Tim BPKN RI meninjau fasilitas dan layanan yang disediakan oleh KAI, termasuk sistem pembelian tiket, fasilitas penumpang, ruang tunggu penumpang, protokol kesehatan, serta antisipasi lonjakan penumpang selama periode mudik. BPKN juga berkoordinasi dengan pihak KAI untuk memastikan adanya mekanisme pengaduan yang mudah diakses bagi konsumen serta penanganan yang responsif terhadap keluhan yang mungkin timbul.
"Kami mengapresiasi upaya KAI dalam menyiapkan layanan transportasi publik yang prima. Namun, kami juga mendorong adanya peningkatan koordinasi antar-pemangku kepentingan untuk memastikan hak-hak konsumen tetap terlindungi, terutama dalam momen penting seperti mudik Lebaran," ujar Heru Sutadi, selaku Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN RI.
“BPKN RI akan terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan bahwa layanan transportasi publik dapat beroperasi secara optimal dan memenuhi harapan konsumen. Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan saluran pengaduan yang tersedia jika menemui kendala selama menggunakan layanan transportasi publik”. Tegas Heru.
Sementara itu, Wakil Kepala UPT Stasiun Besar Gambir, Raja Husein Pandapotan H, menyatakan, "Kami telah menyiapkan dan memastikan untuk arus mudik di stasiun Gambir dipastikan aman, tiketing dan fasilitas aman sudah di kontrol terus. Jika konsumen mengadukan pelayanan yang kurang bagus dari KAI dan menuliskan di sosmed, maka langsung ditindaklanjuti untuk pemeriksaaan dan perbaikan. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan siap bekerja sama dengan BPKN dalam menangani setiap keluhan atau masukan dari penumpang."